Direktur Kerjasama Internasional SBM ITB bertemu dengan Roy Nelson, PhD, Senior Associate Dean of Undergraduate Program, Prof. Lena Booth, Deputy Dean of Academic Enterprise, dan Prof. Sanjeev Khagram, Dean and Director General, Thunderbird School of Global Management di Kantor Pusat Global Thunderbird di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. 

Pertemuan ini adalah tindak lanjut dari rangkaian pertemuan virtual yang telah dirintis oleh kedua belah pihak sejak tahun lalu. Pertemuan-pertemuan ini adalah bagian dari program kerja SBM ITB mengembangkan kelas internasional dan memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa SBM ITB untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh secara global.

Beberapa hal penting yang menjadi pembahasan serius antara Direktur Fachira dengan Prof Booth adalah untuk membawa program Dual Degree yang memadukan Program S1 SBM ITB dan BSIT atau BGM Thunderbird School of Global Management. Juga di bahas pada kesempatan ini adalah kemungkinan perpaduan antara program S2 MBA dari SBM ITB dengan program S2 Master in Global Management atau Master of Leadership Management dari Thunderbird School of Global Management.

Direktur Fachira juga bertemu dengan Prof Khagram untuk menjajaki program pertukaran tenaga pengajar antara SBM ITB dengan Thunderbird School of Global Management. Program pertukaran tenaga pengajar ini diharapkan dapat memacu Penelitian dan Penulisan Kasus Pembelajaran (Teaching Study) oleh dosen-dosen SBM ITB. Program ini juga diharapkan dapat membantu dosen-dosen SBM ITB untuk menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah pada publikasi-publikasi akademis tingkat internasional.

Juga turut dibahas pada pertemuan dengan Dean Khagram, program pertukaran dosen diharapkan dosen-dosen Thunderbird yang berkunjung ke SBM ITB untuk dapat mengajar beberapa kelas di SBM ITB selama satu semester mereka berada di Indonesia.

Pertemuan antara SBM ITB dangan Thunderbird School of Global Management ini juga di hadiri oleh Ananda Hutapea, perwakilan IA ITB North America Chapter di Arizona, yang telah menyatakan siap membantu kesuksesan kerjasama antara SBM ITB dengan Thunderbird School of Global Management. Mereka juga menyatakan bahwa SBM adalah sekolah kedua dibawah naungan ITB yang mempelopori program-program kerjasama akademis dan riset dengan Thunderbird di Phoenix, Arizona. Sebelumnya, pada bulan November yang baru lalu, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara yang diwakili oleh Prof. Dirgantara, Prof.Mahyuddin, Dr. Mardiyati, dan Bapak Ferryanto telah menandatangani MOU dengan Thunderbird. 

IA ITB North America Chapter juga menyampaikan harapan mereka agar Sekolah-Sekolah dan Fakultas-Fakultas yang berada di bawah naungan ITB agar bisa membuka kerjasama denga kampus-kampus di Amerika Serikat, seperti program-program yang di prakarsai oleh FTMD dan SBM ITB sejauh ini. Pertemuan-pertemuan ini adalah usaha Ikatan Alumni ITB di Amerika Serikat di bawah Haris Koentjoro dan Riko Arsiananta (AR 1990) dan Ikatan Alumni ITB di Arizona yang diorganisir oleh Irsal Imran (SI 1983) dan Ananda Hutapea (SI 2000) dengan menerima dukungan penuh dari Ketua Umum PP IA ITB Gembong Primadjaja (MS 1986) dan Kantor Staf Ketua Umum PP IA ITB untuk membantu mewujudkan ITB menjadi institusi pendidikan bertaraf internasional. Mereka berkolaborasi dengan alumni-alumni ITB dan diaspora Indonesia di Amerika Serikat untuk kemajuan pendidikan Indonesia pada umumnya dan di lingkungan ITB pada khususnya.

Media Relations