Penelitian adalah penciptaan pengetahuan baru atau penggunaan pengetahuan lama dengan cara baru dan kreatif untuk menghasilkan konsep, metodologi, dan pemahaman baru. Ini dapat mencakup sintesis dan analisis penelitian sebelumnya sejauh itu mengarah pada hasil yang unik dan kreatif.

Dua komponen terpenting dari setiap proyek penelitian adalah ide dan eksekusi. Keberhasilan pelaksanaan proyek penelitian bergantung pada upaya peneliti dan infrastruktur yang tersedia untuk melakukan penelitian.

Pelaksanaan proyek penelitian memerlukan biaya untuk manusia dan material, dan pendanaan sangat penting untuk memenuhi persyaratan ini. Pendanaan penelitian diperlukan untuk memenuhi biaya tersebut dan kelancaran pelaksanaan proyek penelitian.

Demikian garis besar Knowledge Coffee bertema “Kelincahan Bisnis di Era Pandemi: Sosialisasi dari Facebook (Meta) Research Awardee” pada Selasa (13/12). Diskusi tersebut menghadirkan para peneliti dari ITB yang dibiayai penuh oleh Meta. Mereka adalah Head of Management of Technology (MoT) Laboratory SBM ITB Dr.rer.pol.Eko Agus Prasetio, Dedy Sushandoyo, PhD (SBM ITB), dan Head of Artificial Intelligence Center ITB Dr.Eng.Ayu Purwarianti.

Meta memberi penghargaan kepada profesor luar biasa dengan penghargaan penelitian untuk mendukung upaya penelitian yang sedang berlangsung. Penghargaan biasanya dihasilkan dari program research awards untuk membantu membangun hubungan jangka panjang dengan akademisi dan mendukung penelitian inovatif.

Dari waktu ke waktu, Meta mengundang para akademisi untuk mengusulkan penelitian di bidang tertentu yang sejalan dengan misi Meta untuk membangun komunitas dan mendekatkan dunia. Meta dengan senang hati mengundang fakultas untuk menanggapi permintaan proposal penelitian ini untuk mendorong inovasi lebih lanjut dalam tantangan sistem terdistribusi yang mendasar ini dan memperdalam kolaborasi dengan akademisi.

Meta mengantisipasi pemberian hingga enam penghargaan penelitian dengan kisaran dana US$50.000. Pembayaran akan dilakukan ke universitas tuan rumah pengusul sebagai hadiah tak terbatas. Berikut adalah Persyaratan untuk mengajukan hibah penelitian dari Meta

Proposal harus mencakup

  1. Ringkasan proyek (satu hingga dua halaman) dalam bahasa Inggris, menjelaskan bidang fokus, deskripsi teknik, pekerjaan sebelumnya yang relevan, dan garis waktu dengan pencapaian dan hasil yang diharapkan
  2. Deskripsi draf anggaran (satu halaman) termasuk perkiraan biaya penghargaan dan penjelasan tentang bagaimana dana akan dibelanjakan
  3. Curriculum Vitae untuk semua peserta proyek
  4. Detail organisasi; ini akan mencakup informasi pajak dan detail kontak administratif

Kelayakan

  1. Proposal harus mematuhi hukum, peraturan, dan kebijakan Amerika Serikat dan internasional.
  2. Pelamar harus menjadi pengajar penuh waktu saat ini di lembaga akademik terakreditasi yang memberikan gelar penelitian ke Ph.D.
  3. Pelamar harus menjadi Penyelidik Utama atas setiap penghargaan yang dihasilkan.
  4. Hanya satu proposal per Penyelidik Utama yang dapat diajukan, tetapi mereka dapat terdaftar sebagai Penyelidik Utama Bersama pada pengajuan lainnya.
  5. Meta tidak dapat mempertimbangkan proposal yang diajukan, disiapkan, atau dilaksanakan oleh individu yang tinggal di atau berafiliasi dengan lembaga akademik yang berlokasi di negara atau wilayah yang tunduk pada sanksi perdagangan AS yang komprehensif.
  6. Pejabat pemerintah (tidak termasuk fakultas dan staf universitas negeri, sejauh mereka dapat dianggap sebagai pejabat pemerintah), tokoh politik, dan bisnis yang berafiliasi secara politik (semua sebagaimana ditentukan oleh Meta atas kebijakannya sendiri) tidak memenuhi syarat.
Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022