Panitia Pemilu Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan ‘Artha’ (IMK) ITB mengadakan debat dan hearing para calon ketua di Auditorium SBM ITB Lantai 2 pada Selasa (16/5). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian agenda Pemilu IMK ‘Artha’ ITB 2023.

Tujuan dari acara ini adalah untuk mengetahui visi misi calon ketua himpunan dan calon senator IMK ‘Artha’ ITB. Terdapat satu calon tunggal untuk ketua himpunan dan satu calon tunggal untuk ketua senator.

Zakaria Khori Hermawan, calon ketua himpunan BP IMK ‘Artha’ ITB, membagikan visinya untuk membuat IMK ‘Artha’ ITB menjadi sebuah komunitas yang berfokus pada pembelajaran dan praktik. “IMK adalah sebuah laboratorium praktik. Tidak apa-apa melakukan kesalahan karena IMK adalah tempat untuk belajar dan mengaplikasikan ilmu yang kita miliki,” ucap Herma saat hearing.

Setelah hearing, acara berlanjut dengan sesi debat yang melibatkan panelis dan massa.

“Seandainya Anda tidak terpilih, apa yang akan Anda lakukan?” tanya panelis Naufal Dhamiri Syifa, ketua himpunan IMK ‘Artha’ 2022/2023. 

“Saya akan kembali menjadi massa biasa dan mendukung kegiatan-kegiatan yang akan diusung oleh IMK ke depannya,” jawab Herma membalas pertanyaan panelis.

Sesi dilanjutkan dengan hearing oleh calon senator IMK ‘Artha’ ITB, Farhan Dzaky. Menurut Farhan, selama delapan tahun kesenatoran IMK, kinerjanya masih jauh dari harapan. Farhan ingin menjadikan badan kesenatoran IMK ‘Artha’ sebagai rumah yang bijaksana, di mana semua ide dan gagasan tidak ada yang salah, karena setiap orang memiliki ide dan gagasannya masing-masing.

“Bagaimana kami bisa percaya sama teman-teman Anda di kesenatoran?” tanya Pieter Jose Santoso selaku perwakilan massa saat sesi tanya jawab. 

“Kedekatan massa dan kesenatoran memang harus diperbaiki, juga kesenatoran akan ikut andil dalam semua kegiatan yang dilakukan oleh IMK,” jawab Farhan.

Hearing dan debat pemilu IMK ‘Artha’ ITB ini berjalan lancar. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi massa IMK ‘Artha’ untuk lebih mengenal sosok yang mencalonkan diri sebagai pemimpin mereka dalam BP dan Badan Kesenatoran IMK ‘Artha’ ITB. 

“Pemilu IMK ‘Artha’ adalah acara kita semua, para massa IMK ‘Artha’ ITB. Mari kita tetap berkomitmen dan sukseskan pemilu IMK ‘Artha’,” ucap Regatta Kristanto selaku ketua pelaksana pemilu, menutup acara hearing dan debat calon ketua himpunan dan calon senator IMK ‘Artha’ ITB.

Kontributor: Fairuuz Fawwaz, Kewirausahaan 2024