Staf khusus Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Radityo Prabowo menekankan betapa pentingnya komunikasi perusahaan saat dunia sedang menggalakkan program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Prabowo, yang memiliki 13 tahun pengalaman di media penyiaran dan 10 tahun pengalaman di bidang hubungan masyarakat, turut menjadi pembicara dalam webinar yang digelar oleh SBM ITB bekerjasama dengan Vokraf pada Sabtu, 27 Mei 2023. Prabowo kini sedang belajar di MBA ITB.

Prabowo membahas betapa pentingnya komunikasi untuk memajukan dan mempertahankan tujuan perusahaan. Komunikasi yang efektif, menurut Prabowo, memiliki dua tujuan, “mempromosikan produk dan layanan sekaligus memastikan perlindungan merek jangka panjang”. 

Dia menawarkan pendekatan komunikasi menyeluruh yang mencakup empat saluran utama yang dibayar, diperoleh, dibagikan, dan dimiliki. Menurut Prabowo, mengintegrasikan berbagai media memungkinkan organisasi berkomunikasi secara efektif dengan pasar sasarannya.

Prabowo juga menekankan perbedaan antara komunikasi keberlanjutan dan komunikasi ESG (Environmental, Social, and Governance). “ESG Communications terutama berfokus pada penyediaan informasi kepada investor dan pemangku kepentingan keuangan, sedangkan Sustainability Communications memiliki cakupan yang lebih luas, bertujuan untuk membangun reputasi merek dan terlibat dengan pemangku kepentingan yang lebih luas,” jelas Prabowo.

Menurut Prabowo, tujuan yang jelas, pernyataan yang didukung, komunikasi yang meyakinkan, dan informasi yang mudah didapat merupakan dasar dari komunikasi yang berkelanjutan. Dia mencontohkan kasus McDonald’s (McD), yang keputusannya untuk mengubah lambangnya dari “M” menjadi “W” dalam perayaan Hari Perempuan Internasional menimbulkan protes tentang komitmen perusahaan terhadap kesetaraan gender dalam proses internalnya. Untuk menjamin terpenuhinya tuntutan yang signifikan, Prabowo menekankan pentingnya mengoordinasikan upaya komunikasi dengan kegiatan praktis.

Terakhir, Prabowo menekankan pentingnya “Messaging House”, sebuah kerangka komunikasi yang padat. Alur cerita dan kata kunci yang rumit dapat direduksi menjadi pesan langsung yang sederhana menggunakan metode ini. Ini terdiri dari pesan luas yang meringkas proses dan hasil penting, didukung oleh pesan khusus yang memberikan lebih banyak informasi latar belakang.

Prabowo menekankan bahwa, “kita perlu menunjukkan komitmen kita, menggunakan kata-kata yang hati-hati, menonjolkan tindakan nyata, dan menunjukkan kekuatan dan posisi kita dalam komunitas bisnis.”

Sebagai perpaduan sains dan seni, komunikasi memainkan peran penting dalam memajukan pembangunan berkelanjutan dan mencapai kesuksesan komersial, seperti yang dirangkum Radityo Prabowo secara ringkas.

Prabowo membahas betapa pentingnya komunikasi untuk memajukan dan mempertahankan tujuan perusahaan.
Kontributor: Muhammad Zem, Manajemen 2024