Dania Sitadewi sukses mempertahankan disertasinya dalam sidang terbuka program Doktor Sains Manajemen SBM ITB pada 21 Juli 2023 di Gedung Annex ITB. Sidang tersebut juga dihadiri beberapa profesor. 

Dania mengangkat isu pengelolaan sampah di daerah Bandung. Konsep disertasinya adalah mengubah rantai perjalanan sampah yang semulanya linear menjadi sirkular. 

Saat ini sampah yang ada langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPA) tanpa diolah dan disaring. Rantai perjalanan ini disebut linear. Di daerah Bandung sendiri masih menitikberatkan transportasi sampah menuju TPA. 

Menurut Dania, akan lebih baik apabila proses sampah dilakukan secara sirkuler, yang mana sampah akan melalui proses 3R (Reuse,Reduce,Recycle). Teori pondasi yang digunakan adalah diagram sistem ekonomi sirkuler oleh EMF dan strategi sirkular oleh Potting. 

Dania pun menjelaskan langkahnya dalam melakukan penelitian. Setelah proses penelitian ia mengembangkan pengembangan model disertasinya yakni berkurangnya jumlah sampah menuju TPA dan juga jumlah limbah yang tidak tertampung bocor ke lingkungan. Selain itu berkurangnya sampah plastik yang dihasilkan secara ekonomi.

Dania menyatakan bahwa strategi sirkular berhubungan positif dengan ekonomi sirkular; peraturan pemerintah secara positif terkait dengan lebih banyak adopsi strategi sirkular; akan terbukti dengan beberapa perubahan positif dengan adanya strategi sirkular ini. 

Ia membuat tiga skenario dan membandingkan hasil skenario tersebut dalam sebuah diagram. Hasilnya menunjukkan bahwa memang hipotesis yang dikemukakan oleh Dania terbukti benar.

Di akhir presentasi ia memberikan saran atau solusi berupa implikasi kebijakan yakni strategi sirkuler penting untuk mengolah sampah plastik di kota Bandung. Kota Bandung perlu berhenti untuk hanya mengandalkan daur ulang; meningkatkan pengelolaan sampah dan kesadaran untuk memilah sampah; juga meningkatkan dukungan kepada sektor sampah informal dalam transisinya ke ekonomi sirkular. 

Dania menyatakan bahwa strategi sirkular berhubungan positif dengan ekonomi sirkular
Kontributor: Luthfaliya Zahira, Manajemen 2025