Sesi penutup MSM-DSM Session Lounge Series menghadirkan pembicara istimewa, Bandung (6/10). Sesi pelatihan untuk membekali mahasiswa doktoral dan magister dalam penelitian tersebut menghadirkan Christos Alexakis, Associate Professor pada Department of Finance and Accounting at Rennes School of Business, Prancis, sebagai pengisi materi. 

Alexakis mempresentasikan bagaimana menciptakan nilai pada penelitian bagi mahasiswa magister dan doktoral sains manajemen SBM ITB. Sesi ini merupakan program untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai bidang bisnis dan manajemen serta kemampuan analisis dan penelitian sebagai bekal mereka memenuhi kewajiban mempublikasikan makalah. 

Menurut Alexakis, menjadi seorang peneliti adalah pekerjaan yang penuh dengan kekerasan secara psikologis. Jika mereka gagal, mereka tahu bahwa kesalahannya ada pada diri mereka sendiri, mirip dengan olahraga yang paling keras, catur, demikian Alexakis memulai sesinya dengan gurauan.

“Tapi ada juga indahnya menjadi seorang peneliti. Kita tidak bekerja dari Senin-Jumat, pukul delapan pagi sampai lima sore, melainkan bekerja setiap hari untuk merenung,” tambahnya.  

Seorang peneliti wajib melakukan 3 hal, yaitu penelitian, evaluasi dan pengaruh sosial, kata Alexakis. Peneliti harus dapat menginformasikan hasil penelitiannya kepada publik karena peneliti juga merupakan pelayan publik. 

Maka dari itu, kata Alexakis, untuk menciptakan nilai dari penelitian, pertama-tama peneliti harus merenungkan beberapa hal-hal berikut ini: Apakah penelitian ini merupakan karya seni atau jalur produksi kita? Haruskah kita membuatnya indah atau standar? Apakah kita senang melakukannya atau harus melakukannya?

Dengan merenungkan hal-hal tersebut, peneliti dapat menghasilkan makalah yang baik dan memenuhi kebutuhan. Selain merenungkan makalah penelitian, peneliti juga harus mengetahui struktur makalah penelitian, kata Alexakis. 

Pengait pada makalah ada pada judul dan pendahuluan. Jadi, pastikan memiliki judul yang menarik, singkat, dan topik serta pengait pada pendahuluan yang memikat agar dapat merangsang minat pembaca. 

Kontributor: Aliva Rachma Delia, MBA YP 67