melihat ada masalah mendasar dalam ekosistem belajar musik di Indonesia. Mulai dari susahnya akses terhadap guru musik yang dapat diandalkan, biaya les musik yang tinggi, serta kesulitan dalam memainkan lagu-lagu favorit. Berawal dari masalah itu, Oki lalu mendirikan Lagoe.id, platform digital yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan memberikan pengalaman belajar musik yang lebih baik.

Oki membagikan pengalamannya itu saat mengisi kuliah tamu Startup Business Practice di Gedung Auditorium Nemangkawi Gedung Labtex XIX SBM ITB pada Jumat (6/10). Chief Financial Officer Oxford Strategy Review itu mengklaim Lagoe.id telah berhasil menyelesaikan beberapa permasalahan pembelajaran musik di Indonesia.

Lagoe.id menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali instrumen dalam sebuah lagu dan memberikan akord untuk masing-masing instrumen. Ini memungkinkan pengguna belajar dari lagu-lagu dasar hingga lagu-lagu favorit mereka, membantu mengatasi masalah harga tinggi yang kerap dihadapi dalam les musik tradisional. Dalam perkuliahan, Oki menekankan pentingnya memiliki ekosistem yang kuat dalam pengembangan produk.

“Sebuah produk harus mempunyai ekosistem yang baik agar konsumen yang memakai akan mengalami ketergantungan saat memakainya,” ujar Oki.

Lagoe.id melakukan penelitian mendalam untuk memahami kebutuhan pengguna, teknologi musik saat ini, dan teknologi musik yang diinginkan. Mereka telah membangun prototipe yang mengumpulkan gagasan dan masukan dari pengguna awal sebagai langkah awal menuju konsep yang lebih matang.

Salah satu investor Lagoe.id adalah musisi terkenal di Indonesia, yang akan mendukung penyebaran platform ini. Lagoe.id berkomitmen untuk memberikan akses sehemat mungkin dengan menambahkan iklan, dan menyediakan opsi berbayar untuk fitur premium.

Adapun terkait fitur-fitur musik seperti transpose key, kemampuan untuk membuat aransemen musik sendiri, dan perubahan genre melalui AI, Oki menjelaskan perkembangan fitur-fitur ini, termasuk kolaborasi dengan orang lain untuk menciptakan aransemen baru.

Saran Oki kepada pengusaha pemula, undanglah orang-orang terdekat sebagai langkah awal dalam memperluas pengguna dan mengumpulkan masukan yang berharga.

Kontributor: Fairuuz Fawwas Alfarizi T, Kewirausahaan 2024