Kelas Manajemen Merek angkatan 2024 SBM ITB pada Selasa (03/10) kedatangan alumni SBM ITB Evita Purnamasari. Dia kini menjabat Creative Branding Strategist by.U, provider pulsa dan paket data internet berbasis digital milik Telkomsel.

Dalam kuliah tamu itu Evita berbagi wawasan tentang seni menciptakan merek yang sukses. Kuliah ini mengupas tentang pendekatan inovatif dan adaptif yang digunakan oleh By.U dalam strategi branding mereka.

Menurut Evita, by.U berbisnis dengan cara berbeda. Mereka menunjukkan fleksibilitas yang luar biasa, dengan fokus pada praktik yang adaptif dan responsif untuk menghadapi perubahan yang terus-menerus dalam dunia bisnis saat ini. Mereka juga sangat memperhatikan suara konsumen, yang menjadi landasan strategi mereka.

Dalam menyusun cerita merek yang menarik, kata Evita, by.U menggunakan pendekatan empat fase. Pertama dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, termasuk melibatkan aspek bisnis, industri, dan juga konsumen. Fase ini penting untuk mengembangkan pemahaman yang kuat tentang pasar dan target audiens.

Langkah selanjutnya adalah membuat proposisi yang secara efektif sesuai dengan audiens yang diinginkan. Proposisi ini kemudian diuji secara ekstensif untuk memastikan relevansi dan efektivitasnya.

Pada fase ketiga, proposisi dikembangkan lebih lanjut menjadi ide dan rencana, yang kemudian diuji dengan konsumen. Sementara fase terakhir adalah melibatkan penelitian konfirmasi untuk menyempurnakan konsep komunikasi dan menyelesaikan kisah merek.

Menurut Evita, dengan pendekatan yang komprehensif seperti ini, By.u dapat memastikan bahwa pesan merek mereka dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat menghubungkan dengan audiens yang mereka inginkan dengan baik. Setiap fase penting untuk memastikan bahwa merek tersebut disusun dengan baik, relevan, dan efektif.

Dengan memberikan perhatian khusus pada umpan balik dan preferensi pelanggan, by.U membangun merek mereka berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan konsumen, kata Evita. Selain itu, mereka berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang benar-benar berorientasi pada manusia, dengan fokus utama pada memenuhi kebutuhan bisnis dan pelanggan. By.U memastikan bahwa upaya brandingnya tidak hanya kreatif, tetapi juga relevan, sehingga membentuk hubungan yang bermakna dalam dunia bisnis yang selalu berubah.

Kontributor: Mutiara Humaira Lestari, Manajemen 2024