Kemampuan beradaptasi merupakan salah satu poin penting bagi dunia usaha dan perusahaan untuk menghadapi permasalahan dunia nyata yang semakin cepat. Kemampuan beradaptasi dengan efisien terhadap perubahan internal dan eksternal merupakan konsep perusahaan yang tangkas. Amazon adalah contoh perusahaan tangkas yang telah menerapkan sistem pengambilan keputusan berbasis data dengan mengintegrasikan proses operasionalnya menggunakan konsep business intelligence.

Ismail Fahmi, Ph.D, pendiri PT. Media Kemels Indonesia (Drone Empirit), menjelaskan bahwa business intelligence adalah teknologi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengakses, dan menganalisis sekumpulan data untuk mendukung sistem pengambilan keputusan bisnis. Secara umum terdapat analisis statistik, prediksi, dan penggalian data untuk membantu menganalisis kinerja bisnis dengan memahami masa lalu dan memprediksi masa depan.

Namun demikian, tantangan big data juga semakin meningkat. Dia menjelaskan sulitnya mendapatkan sumber data eksternal dan mendapatkan data dari berbagai departemen dalam organisasi yang memiliki peran cukup besar. Terakhir, datanya juga tidak terstruktur. Data yang tidak terstruktur menimbulkan bias dan menjadi hambatan dalam proses perolehan informasi.

“Integrasi alat dan strategi ini sangat penting bagi perusahaan yang ingin mencapai ketangkasan bisnis, memungkinkan mereka beradaptasi dan merespons perubahan pasar, opini publik, dan kebutuhan konsumen secara efektif.”

Secara umum, ada tiga lapisan business intelligence, yaitu sumber data, penyimpanan data, dan penyajian data. Fahmi sendiri mendalami topik penggunaan data sosial yang umumnya merupakan sumber terbuka serta gratis sebagai solusi terhadap tantangan.

Data sosial memiliki banyak manfaat seperti sebagai salah satu cara untuk memahami konsumen, mendeteksi tren lebih dini untuk mendorong pengembangan produk, memberikan wawasan mengapa suatu produk tertentu laris di pasaran, dan mendapatkan informasi yang tepat untuk memasarkan suatu produk. Data sosial, terutama dari media sosial, harus dianalisis secara kontekstual karena dapat menimbulkan miskonsepsi. Menggunakan Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationsip Management (CRM) membantu bisnis memetakan kebutuhan mereka dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara produk dan pelanggan

Secara teknis, data media sosial yang dihasilkan dari Instagram, Twitter, Facebook, atau LinkedIn menawarkan tampilan real-time dan tanpa filter termasuk komentar, share, retweet. Banyak lagi keuntungan bisnis yang didapat dengan mengolahnya menjadi sumber opini, dengan menggunakan teknik Natural Language Processing (NLP) untuk menghasilkan kepekaan emosional termasuk positif, negatif atau netral, sehingga menghasilkan analisis sentimen. Pendekatan ini dipercaya akan membantu bisnis mengatasi preferensi pelanggan dan peluang bisnis di era digital.

Kontributor: Agustin Anandia Kartika, Manajemen 2024