Semua divisi dalam sebuah perusahaan mengalami tantangan yang luar biasa selama pandemi covid-19. Tak kecuali bagian perusahaan yang mengelola karyawan, seperti yang dialami Tiket.com.

Selama pandemi, Tim People pada Tiket.com berusaha memastikan budaya perusahaan tetap baik, karyawan tetap terlibat, produktif, dan kepemimpinan tetap terlihat ketika ada potensi besar karyawan bakal stres dan cemas menghadapi pandemi. Stres dan kecemasan itu bahkan belum hilang setelah pandemi berlalu.

Dudi Arisandi, Chief People Officer Tiket.com membagikan pengalaman perusahaan mengelola karyawannya tersebut selama pandemi saat mengisi kuliah tamu “Pengembangan Organisasi dan Organisasi Pembelajaran” SBM ITB pada Rabu (11/10). Dudi berbicara tentang “Membangun Organisasi Pembelajaran” di kelas tersebut.

Dudi Arisandi adalah seorang ahli matematika bergelar Sarjana Matematika dan Magister Teknik Industri. Namun dia dikenal sebagai orang yang berorientasi pada orang lain. Dia adalah seorang profesional di bidang sumber daya manusia dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Menurut Dudi, Tiket.com telah menunjukkan komitmennya terhadap kesetaraan gender dengan mempekerjakan 38% staf perempuan dan memiliki usia rata-rata 29 tahun untuk anggota staf. Kemampuan Tiket.com mengelola karyawan, kata Dudi, pun telah diakui dengan menerima berbagai penghargaan seperti HR Asia Award, HR Excellence 2023 SWA x FEB UI, dan Top 5 Happiness Index at Technology Companies oleh Revou 2021.

Dalam kelas tersebut Dudi tak lupa menyinggung tentang dukungan kepemimpinan, kepastian tujuan dan pengambilan keputusan yang bijak, memperkuat pengalaman karyawan dan pendekatan holistik terhadap pengalaman karyawan, tetap terhubung melalui inisiatif pelibatan karyawan yang berkesinambungan, transformasi digital SDM, dan persiapan menghadapi masa pemulihan dan ekosistem yang terus berkembang. Pengalaman dan kepuasan karyawan menurut Dudi merupakan hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan.

“Oleh karena itu kami menggunakan berbagai alat dan bertransformasi untuk memberikan yang terbaik,” kata Dudi.

Kontributor: Eli Sulistyowati, Manajemen 2024