Glory Avenue, tim yang terdiri dari tiga individu dari berbagai universitas, termasuk Eli Sulistyowati dari SBM ITB, berhasil keluar sebagai juara dalam kompetisi Business Case Competition UI Innovation War 2023. Mereka tidak hanya berhasil mendapat gelar juara pertama, namun juga penghargaan sebagai tim favorit, tim dengan presentasi terbaik, dan juga penghargaan sebagai pembicara terbaik untuk Eli Sulistyowati atas kemampuan pitching-nya.

Dalam sebuah wawancara setelah kemenangan mereka (19/10), Glory Avenue menjelaskan tentang motivasi, strategi komunikasi, dan kasus yang mereka tangani. Komposisi tim yang beragam didorong oleh keinginan untuk memperluas koneksi, perspektif, dan pengalaman mereka.

Dengan menggabungkan individu-individu dari berbagai latar belakang, mereka dapat melakukan pendekatan pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang, sehingga menghasilkan solusi yang inovatif. Tim juga menekankan bahwa komunikasi yang efektif dan komitmen terhadap tenggat waktu merupakan faktor kunci dalam kesuksesan mereka. Di sisi lain tim ini juga menekankan pentingnya untuk selalu berbagi informasi dan komunikasi yang terbuka agar dapat berkolaborasi dengan lancar dan efisien.

Kasus yang diselesaikan oleh Glory Avenue berfokus pada mengatasi tantangan operasional dan pemasaran yang dihadapi oleh Titipku, sebuah perusahaan rintisan di bidang logistik di Indonesia. Solusi yang mereka tawarkan mencakup pendekatan yang komprehensif, menargetkan masalah internal, eksternal, dan masalah terkait sistem. Dengan memberikan proposal one-stop-solution, mereka berhasil menunjukkan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi perusahaan dan mengembangkan strategi yang efektif untuk mengatasinya.

Eli membagikan pengalaman tentang berkolaborasi dengan tim dari berbagai universitas. Ia menyoroti pentingnya memperluas koneksi dan kolaborasi dengan individu-individu yang memiliki perspektif yang berbeda. Banyaknya aktivitas diskusi kelompok dan proyek di SBM ITB, diakui Eli Sulistyowati membantunya untuk terbiasa dalam diskusi yang intens dan bekerja secara efektif dengan orang-orang baru.

Kemenangan Glory Avenue dalam Business Case Competition UI Innovation War 2023 ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah bisnis yang andal, kerja sama tim, dan dedikasi dari individu-individu berbakat lintas kampus. Seiring dengan perjalanan akademis mereka, pengalaman ini sangat bermanfaat bagi masa depan tim yang luar biasa ini, terutama Eli Sulistyowati yang mewakili SBM ITB.

Kontributor: Ramel Akil Pratama, Management 2024