“Meriah” adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan suasana pada hari pertama Syukuran Wisuda SBM ITB periode Oktober 2023. Acara ini berlangsung di Hotel Intercontinental, Dago Pakar Bandung (28/10) dan dihadiri oleh 490 wisudawan dari program Sarjana dan Magister Administrasi Bisnis, baik program in-house maupun eksekutif.

Sambutan hangat Dekan SBM ITB, Prof. Dr Ir. Ignatius Pulung Nurprasetio, M.SME, memulai acara. Pulung menyoroti bahwa periode ini menjadi jumlah lulusan terbanyak dibandingkan dengan periode wisuda sebelumnya. Pulung mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan keluarga mereka atas prestasi yang telah diraih, serta mendorong mereka untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Dengan tema “For the Greater Good to the Infinity,” acara ini menampilkan beragam kegiatan. Mulai dari upacara wisuda di mana setiap wisudawan dipanggil ke atas panggung untuk menerima kelulusan mereka, pemberian penghargaan kepada para lulusan terbaik, dan diakhiri dengan foto bersama dan makan malam.

Wisuda ini melibatkan 273 wisudawan Sarjana Manajemen. Sebanyak 168 meraih predikat cum laude. Selain itu, ada juga 70 wisudawan Sarjana Kewirausahaan dengan 54 di antaranya meraih predikat cum laude, dan 147 wisudawan program MBA, baik in-house maupun eksekutif, di Kampus Bandung, dengan 65 di antaranya meraih predikat cum laude.

Sejumlah wisudawan mendapatkan penghargaan lulusan terbaik. Di program studi Sarjana Manajemen ada Academic Excellence of the Year untuk Adam Aliya Silmi, Motivator of the Year untuk Fauzan Khalil Ramadhan, Innovator of the Year untuk Ghanef Rayyan Hanisfy, dan Conscience of the Group untuk Fauzan Khalil Ramadhan. Sementara di prodi Sarjana Kewirausahaan, penghargaan Young Entrepreneur Award untuk Nadia Agustina dan the Business Innovator Award untuk Nadhira Valenia Widyatama Putri.

“Perayaan wisuda ini adalah pengalaman yang sangat mengharukan dan penuh kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya,” kata Ghanef, peraih Innovator of the Year.

Ibu Ghanef, yang hadir dalam perayaan wisuda, Cut Putri Alyanur, mengapresiasi acara perayaan. “Saya berharap agar semua wisudawan dapat sukses dan berkontribusi untuk bangsa kita.”

Adapun pada prodi MBA Bandung In-house dan Eksekutif, penghargaan Best Executive Award diberikan kepada Kintan Permata De Rose, Best Executive Award untuk Muhammad Alif Maulana, dan Best In-house Leader Award untuk Heri Purnomo, Riza Yophi Prayuda, Dhanang Resnamurti, Benaya Sutami Winowoda and I Made Agusyasa.

Syukuran wisuda ini juga menandai awal baru bagi para wisudawan SBM ITB. Satria Dwi Bagaskara (MK’23) berharap bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama studinya di SBM ITB untuk memulai bisnisnya sendiri.

Adam Aliya Silmi, yang menerima penghargaan Academic Excellence of the Year dengan IPK 3.99, menyampaikan harapannya kepada semua wisudawan, “Semoga kita sukses di jalur masing-masing dan dapat bekerja sama di masa depan untuk menghasilkan karya yang lebih besar.”

Syukuran wisuda ini sangat istimewa karena semua wisudawan telah melewati perjalanan unik, mereka berhasil menghadapi tantangan perkuliahan online karena pandemi dan kelas offline pasca pandemi dalam masa studi mereka. Selamat kepada semua wisudawan, semoga mereka bisa memulai babak baru dalam hidup mereka dan selalu menjunjung tinggi nilai SBM ITB, yaitu “For the Greater Good,” dalam setiap perjalanan di masa depan.

Kontributor: Ramel Akil Pratama, Manajemen 2024