Ballroom Intercontinental Hotel, Dago Pakar Bandung, sekali lagi menjadi saksi dari meriahnya Perayaan Syukuran Wisuda SBM ITB untuk periode Oktober 2023. Perayaan pada hari kedua yang digelar pada tanggal 29 Oktober 2023, dihadiri oleh 457 wisudawan dari program Magister Sains Manajemen, Magister Administrasi Bisnis, dan Doktor Sains Manajemen.

Hari kedua dari perayaan dimulai dengan pertunjukan tarian tradisional, sambutan dari Dekan SBM ITB, penayangan video para wisudawan, upacara wisuda, dan pidato inspiratif dari Ketua Ikatan Alumni MBA ITB. Acara ini juga menampilkan pemberian penghargaan kepada para wisudawan terbaik, pidato wisudawan, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Pada hari kedua perayaan ini, terdapat 31 wisudawan dari program Magister Sains Manajemen, dengan 15 di antaranya meraih predikat cum laude. Selain itu, ada 179 wisudawan dari program Magister Administrasi Bisnis di kampus Bandung, dengan 66 di antaranya meraih predikat cum laude. Selain itu, ada 240 wisudawan dari program Magister Administrasi Bisnis di kampus Jakarta, dengan 92 predikat cum laude. Terakhir, ada tujuh wisudawan dari program Doktor Sains Manajemen, dengan lima di antaranya meraih predikat cum laude.

Ketua IA MBA ITB 2021-2025 Rangga Muslim memberikan motivasi kepada para wisudawan. “Hari ini, kita tidak boleh hanya berpikir tentang apa yang ingin kita capai, tetapi juga tentang dampak positif apa yang ingin kita ciptakan.”

Ia mendorong para wisudawan untuk berusaha menciptakan perubahan positif dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada masyarakat.

Berbagai penghargaan juga diberikan kepada para wisudawan terbaik dalam setiap kategori. DI prodi Doktor Sains Manajemen, Academic Achievement Award diberikan kepada Batara Parada Siahaan. Sementara di prodi Magister Sains Manajemen, Outstanding Achievement Award untuk Carissa Tibia Walidayni, dan Young Scientist Award buat Cintia Nurliyana.

Dari program MBA Jakarta, Inspiring Leader Award diberikan kepada Weni Levin Richardson Blegur, Best Young Entrepreneur Award untuk Fauziyah Annur, Best Young Professional Award untuk Raissa Samara Natalia Siregar, Inspiring Leader Award in Energy Management untuk Rahardian Aji Saputra, Best In-House Leader Award in MarkPlus Marketing Strategy untukNoski Pandapotan Samosir, dan In-House Leader Award for Best House in Sustainability untuk Joyanta Chakraborty. Dari program MBA Bandung, Best Young Professional Award diberikan kepada Meliana, dan Best Creative and Cultural Entrepreneur Award untuk Shintya Rahmi Utami

Perayaan Syukuran Wisuda ini meninggalkan kesan mendalam dan luar biasa bagi semua yang hadir. Veronika Hutasoit, lulusan MBA Bandung tahun 2023, mengungkapkan perasaannya setelah upacara wisuda resmi. “Saya sangat senang telah lulus hari ini. Ini adalah sebuah kelegaan setelah menyelesaikan program MBA yang penuh tantangan,” katanya.

Daniel Karim, lulusan Doktor Sains Manajemen, berbagi rasa syukurnya setelah empat tahun menjalani studi doktoral. “Belajar di SBM ITB adalah pengalaman yang menantang namun sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang akademisi dan dosen.” Daniel berharap kolaborasi di antara mahasiswa akan terus berlanjut bahkan setelah wisuda.

juga merasa lega setelah resmi lulus. “Saya berharap bahwa setelah ini saya dapat memulai karier profesional, terutama dalam riset, dan memberikan dampak positif pada masyarakat,” ucap peraih IPK sempurna 4.0 dan publikasi penelitian di Scopus Q1 ini.

Orang tua Carissa, Arief Nurdjaman, yang mendampinginya, berbicara tentang bagaimana peran orang tua dalam mendukung perjalanan pendidikan anak mereka. “Sebagai orang tua, kami harus selalu mendukung dan selalu update target dan tantangan yang dihadapi oleh anak kami, dan tentu kami berharap yang terbaik kedepannya.”

Perayaan ini secara resmi menutup rangkaian acara wisuda untuk periode Oktober 2023 di SBM ITB. Semoga semua wisudawan bisa memulai perjalanan baru yang berdampak positif pada masyarakat, dan SBM ITB dapat terus melahirkan lulusan-lulusan unggul yang berkontribusi pada bangsa.

Kontributor: Ramel Akil Pratama, Manajemen 2024