Blockchain bermanfaat meningkatkan keamanan digital, peningkatan transparansi, membuat transaksi lebih cepat, dan dapat membantu integritas data. Aspek-aspek ini sangat penting dalam lanskap keuangan digital dan menawarkan keunggulan signifikan dibandingkan sistem keuangan tradisional.

Hari ini teknologi blockchain telah mengubah sektor jasa keuangan. Demikian disampaikan oleh Direktur Eksekutif iBantu Solusi Syariah Mohammed Rafique Maricar, saat mengisi kuliah tamu “Digital Economy in FinTech” di SBM ITB (20/11). iBantu  merupakan spesialis keuangan Islam dan mitra teknologi untuk Web 3.0 Blockchain. Dengan memanfaatkan teknologi dan prinsip-prinsip keuangan Islam, mereka mendukung individu, bisnis, dan organisasi dalam mencapai tujuan keuangan mereka. 

Menurut Rafique, ada banyak tantangan yang saat ini dihadapi oleh industri Fintech. Teknologi blockchain memberikan solusi yang layak untuk mengatasi tantangan itu. 

Blockchain mampu mengatasi masalah terkait keamanan data, kecepatan transaksi, dan kepatuhan terhadap peraturan. Blockchain juga membantu mengurangi ketergantungan pada sistem terpusat, mengurangi masalah kepercayaan bersama, dan memungkinkan penghematan biaya dalam operasi keuangan.

Rafique juga menekankan pentingnya menyelaraskan kemajuan teknologi dengan prinsip-prinsip keuangan yang etis. Teknologi harus dimanfaatkan untuk praktik keuangan yang bertanggung jawab secara sosial.

Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022