Mengidentifikasi dan mendapatkan talenta yang tepat merupakan kunci untuk memastikan kesuksesan perusahaan. Dan menemukan talenta yang tepat bukan hanya tentang mengisi lowongan. 

“Ini tentang mengamankan masa depan perusahaan,” kata Yunita Anggraeni, Co-Founder dan COO Sesi tersebut menandai dimulainya kerjasama strategis antara Geek Hunter, perintis IT Recruitment Consultant di Indonesia, saat mengisi sesi bertemakan “Talent Management for Growing Business” di SBM ITB Bandung, Rabu (21/2). 

Sesi tersebut menandai dimulainya kerjasama strategis antara The Greater Hub (TGH) SBM ITB dengan Dinas Perhubungan Jawa Barat. Kemitraan ini bertujuan untuk menjadi ujung tombak peningkatan fasilitas transportasi umum di wilayah Jawa Barat melalui sesi pembinaan rutin. Sesi perdana ini menyoroti peran penting manajemen talenta dalam pertumbuhan dunia usaha dan juga layanan publik. 

Yunita menjelaskan, talenta yang tepat dapat mendorong inovasi, meningkatkan produktivitas, dan berkontribusi signifikan terhadap daya saing perusahaan di pasar. Pendekatan komprehensif terhadap manajemen talenta dimulai dengan penetapan identitas organisasi yang jelas, termasuk maksud, nilai, misi, dan sasarannya. Penting juga untuk mendefinisikan kompetensi masyarakat melalui analisis kompetensi dan kesenjangan serta pemetaan talenta untuk memastikan keselarasan dengan tujuan strategis organisasi.

Baru kemudian, menurut Yunita, menentukan kebutuhan sumber daya manusia. Ini dapat diatasi secara eksternal yaitu dengan menyewa konsultan rekrutmen, atau secara internal, melalui tinjauan talenta dan perencanaan suksesi. 

Pengembangan talenta sebagai langkah penting berikutnya. Ini melibatkan investasi pada pertumbuhan dan pengembangan karyawan untuk membangun tenaga kerja yang lebih kompeten dan berkomitmen. Proses ini diakhiri dengan perencanaan karir, yang digambarkan Yunita sebagai “mengoptimalkan perencanaan dan strategi tenaga kerja” untuk memastikan bahwa upaya pengelolaan talenta selaras dengan tujuan jangka panjang organisasi.

Sesi pembinaan ini merupakan yang pertama dari sekian banyak upaya untuk mendorong pengembangan sarana transportasi umum di Jawa Barat. Melalui inisiatif-inisiatif ini, The Greater Hub SBM ITB dan Dinas Perhubungan Jawa Barat berkomitmen untuk tidak hanya memperbaiki sistem transportasi umum di daerah tetapi juga menetapkan tolok ukur praktik manajemen talenta di sektor publik.

Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022