Malam Penganugerahan Ganesha Business Festival (GBF) 2021: Kontribusi SBM ITB untuk Indonesia

Sekolah Bisnis dan manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung telah sukses menyelenggarakan Ganesha Business Festival (GBF) 2021. Kegiatan ini secara resmi ditutup melalui awarding night ceremony dengan tema “ Into the future: fulfilling our prophecy”.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan yang sudah dijalankan dapat membawa manfaat dan energi bagi untuk teman-teman disaat pandemi ini supaya bisa tetap berkarya, mendapatkan ilmu, dan tetap berkolaborasi di dalam payung Ganesha Business Festival,” ucap Sonny Rustiadi M.B.A.Ph.D, formatur GBF 2021, Minggu (25/4/2021). 

Ganesha Business Festival (GBF) adalah kegiatan kolaborasi antara himpunan mahasiswa manajemen (KMM ITB) dengan himpunan mahasiswa kewirausahaan (IMK “ARTHA” ITB). GBF memiliki misi besar untuk menunjukkan keberadaan SBM ITB kepada khalayak ramai terutama mahasiswa di universitas lain. 

“GBF adalah bentuk usaha kita untuk memperbaiki kondisi bangsa dan negara serta pemerintahan dalam sektor bisnis. Tentunya SBM ITB bisa terus berkontribusi terhadap permasalahan negara dan mendorong mahasiswa dan seluruh elemen SBM ITB untuk memberi karya terbaik bagi bangsa dan negara,” ucap Sonny Rustiadi. 

Ganesha Business Festival 2021 diharapkan menjadi sebuah batu loncatan untuk mengembangkan kegiatan kemahasiswaan dalam jangka panjang. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti seminar daring, pameran, kompetisi memecahkan masalah bisnis, kompetisi membuat rencana bisnis, dan kegiatan menarik lain yang diselenggarakan dari Maret 2021 hingga April 2021. 

Kompetisi memcahkan kasus bisnis diikuti lebih dari 170 tim mahasiswa di seluruh universitas di Indonesia. Sementara kompetisi membuat rencana bisnis diikuti oleh para pelajar SMA dimana lebih dari 50 tim berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Peringkat 3 besar dari kompetisi membuat rencana bisnis adalah tim slowless, tria ambisi, dan tim independent. Sementara untuk kategori kompetisi memecahkan masalah bisnis dimenangkan oleh tim yes yes yes, unicorn, and demi kamala. “Kami belajar banyak dari kegiatan ini, mulai dari menyusun proposal hingga presentasi,” imbuh Lintang Wuri, pelajar SMA yang menjadi salah satu pemenang GBF 2021. 

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh ketua program studi kewirausahaan, Akbar Adhi Utama ST., M.A.B., Ph.D. dan ketua program studi manajemen SBM ITB Dr.Eng. Nur Budi Mulyono,ST.MT. “GBF dirancang sebagai ajang kolaborasi, berprestasi, dan berkontribusi buat mahasiswa dan SMA di seluruh Indonesia,” ucap Nur Budi. Ia juga berterima kasih sekali kepada pihak yang telah membantu dalam menyelenggarakan kegiatan ini. 

Malam penganugerahan ini juga dimeriahkan oleh penampilan beberapa musisi seperti Masha Zulkarnain, Idgitaf, and ITB jass serta ditutup dengan bermain game dan penampilan musik.

Written by Student Reporter (Deo Fernando, Entrepreneurship 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *