Untuk membuat bisnis tidak hanya tentang keuntungan, tetapi juga untuk menciptakan nilai di dalamnya, setidaknya untuk menciptakan pekerjaan untuk hidup seseorang. Hal itu diungkapkan Toronata Tambun, Founder & Director Aren Energy Investment, dalam sesinya sebagai dosen tamu di MBA ITB Jakarta, Rabu (9/6/2021).

“Pada akhirnya, ekonomi mikro tidak berbicara tentang rumus saja, tetapi juga tentang menghibur ketidakseimbangan individu dengan alam semesta,” kata Toronata.

Menyebut dirinya sebagai pembelajar seumur hidup, Toronata Tambun yang telah memperoleh pengalaman eksklusif di universitas terkemuka seperti Harvard Business School, MIT Sloan School of Management, University of Oxford, dan Monash University, berbagi bahwa ketika berbicara tentang bisnis, kita berbicara tentang mata uang bisnis masa kini, keberlanjutan. Untuk mendapatkannya, penting untuk memiliki empat hal dalam sebuah perusahaan. Pertama, proposisi nilai yang unik dari layanan atau penawaran. Kedua, pelanggan yang membayar dan keinginan mereka untuk membeli produk kita (apakah pelanggan yang membayar kita membutuhkan produk kita sampai mereka mau menghabiskan uangnya untuk itu). Terakhir, nilai dan pendiri yang menaruh hati mereka di perusahaan. Dengan contoh yang diberikan, yaitu sebuah perusahaan di Kamboja yang membuktikan bahwa bahkan ketika sebuah perusahaan tidak memiliki teknologi, budaya kerja dan perusahaan yang hebat dapat membuat mereka bertahan.

Satu setengah jam berlalu dengan cepat dengan berbagai pertanyaan dan kursus yang dibawakan secara interaktif oleh Toronata Tambun. Sebagai penutup, Toronata menceritakan, sebagai pribadi harus selalu ingat bahwa dibutuhkan hormon serotonin untuk bahagia, tetapi jika berlebihan, bisa menjadi orang yang tergila-gila pada kekuasaan.

“Berusahalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari bisnis Anda, tetapi ingatlah untuk selalu memberikan dampak untuk menghentikan Anda menjadi bisnis yang rakus,” ujar dia.

Toronata pun sangat senang belajar banyak dari kelas yang dia berikan kepada mahasiswa MBA ITB. Sebelumnya, Toronata Tambun juga pernah mengikuti berbagai kuliah tamu baik di program sarjana, maupun program magister. Keinginannya yang besar untuk belajar dan berbagi dengan mahasiswa di SBM ITB membawanya mengajarkan para siswa MBA ITB.

Kontributor : Tjia Alphani, Entrepreneurship 2022