SBM ITB melalui Prodi Kewirausahaan mengundang  Willy Meridian dalam sesi dosen tamu dalam mata kuliah MK3102 Investment and Capital Analysis, pada Jumat (15/10/2021). Wiily memaparkan tentang cara berinvestasi saham yang menguntungkan.

Willy Meridian, yang merupakan seorang trader dan investor memaparkan terkait investasi kepada mahasiswa kewirausahaan SBM ITB berdasarkan pengalamannya yang lebih dari 14 tahun dalam investasi.

“Jika kita ingin berinvestasi, kita harus punya kompas, apa tujuan yang ingin kita capai,” ucap Willy yang sebelumnya merupakan Head of Net Revenue Management (NRM) dari DIAGEO dalam pembukaan kuliah umumnya.

Dengan mengetahui tujuan tersebut, Willy meyakini bahwa investor akan mampu menentukan berinvestasi di perusahaan mana. Selanjutnya, Willy mengatakan bahwa berinvestasi sebenarnya merupakan hal yang mudah. Namun, hal yang membuat sulit adalah terkait melakukan analisis terhadap perusahan yang ingin di investasi.

“Investasi itu mudah, kita hanya simple mencari perusahaan-perusahaan yang qualitynya di atas pricenya,” ucap Willy. Artinya, investasi itu adalah semudah mencari  kualitas dalam suatu bisnis sehingga kualitas tersebut lebih tinggi dari harga yang ditawarkan. Namun, melakukan analisis terhadap bisnis yang berkualitas juga memiliki kesulitan tersendiri.

Untuk melihat kualitas suatu perusahaan, Willy menyampaikan beberapa point yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk pertimbangan. Pertama, Willy menyarankan untuk memilih perusahan yang sudah dimengerti atau mudah dimengerti.

“Temen-teman harus mencari bisnis yang mudah dimengerti, tidak usah investasi ke bisnis yang kamu tidak paham,” tekan Willy. Ia mencontohkan, investor bisa membeli saham suatu bisnis yang sering kita gunakan sehari-hari, seperti produk atau layanan yang sering dikonsumsi.

Selain itu, Willy juga menekankan pentingnya mencari bisnis yang punya prospek menguntungkan dalam jangka panjang, profitabilitas yang bagus, manajemen dari perusahan yang kompeten dan dapat dipercaya. Dengan beberapa cara tersebut, Willy meyakini bahwa investor akan mampu memilih investasi dalam bisnis apa yang menghasilkan keuntungan besar.

Kontributor: Deo Fernado, Kewirausahaan 2021