Hello para entrepreneur! Apakah kamu merasa perlu modal tambahan untuk mengembangkan bisnismu? Apa yang membuat pemodal tertarik untuk menanamkan modalnya pada bisnis rintisanmu? Pada kesempatan kali ini, The Greater Hub mengundang Partner at Ventura Discovery, Raditya Pramana untuk memberikan pandangannya dari sisi investor mengenai permodalan suatu perusahaan, Kamis (7/4/2022).

Radit yang juga merupakan Investment Manager at Venturra Capital menjelaskan bahwa pada dasarnya terdapat 3 kunci yang investor cari dari setiap usaha rintisan. Pertama, bisnis kita telah menemukan segmen konsumen yang tepat dan spesifik. Kedua, sudah memiliki target konsumen yang menyukai produk kita. Terakhir, baik itu dari dari sisi operasional dan keuangan, bisnis masuk akal dan memungkinkan untuk dilakukan. Ketiga hal tersebut bisa di lihat dari ke dalam dua bentuk, yakni penentuan persona yang tepat dan perhitungan ekonomi yang wajar.

“Untuk teknisnya, ktia bisa menggunakan banyak tools yang dapat membantu kita untuk merepresentasikan hal yang investor mau. Mulai dari pembentukan persona, pemetaan perjalanan konsumen, perhitungan ongkos akuisisi konsumen, perkiraan perhitungan value yang mungkin kita raih dan masih banyak tools lainnya,” tutur Director di Kairos Society Indonesia.

Selain itu, Radit pun menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para peserta mengenai permodalan dalam berbagai jenis lini bisnis.

“Pada dasarnya kita harus melihat lagi nature dari setiap bisnis yang dijalani karena setiap bisnis memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. Misalnya usaha di bidang pernikahan harus sebisa mungkin memaksimalkan keuntungan hanya dalam sekali aktifitas. Sedangkan dalam bisnis fashion, kita bisa mengacu pada perhitungan asumsi pembelian orang beli baju dalam setaun. Lain lagi dengan nature usaha jualan kebutuhan sehari-hari yang mematok harga yang rendah namun transaksinya bervolume besar,” tutur Young Leader for Indonesia by McKinsey& Company, Wave 7, Top 10 Finisher dan Forbes Indonesia 30 under 30 tahun 2020.

Selain itu semua, Radit pun membagikan banyak insight terkait dengan entrepreneurial journey. Kalau kamu tidak mau ketinggalan, Ayo follow instagramnya di @thegreaterhub subscribe newsletternya hanya di http://thegreaterhub.id/contact-us/

Kontributor: Erwin Josua, EMBA 2021