Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB menyambut mahasiswa peserta International Virtual Courses, Senin (18/7/2022). Gita Fajar, Perwakilan SBM ITB memperkenalkan dirinya dengan senyuman hangat. Ia juga memperkenalkan Dr. Yudo Anggoro, Dr. Atik Aprianingsih dan Odo Manuhutu. Dalam sesi ini, acara dibagi menjadi dua yaitu sesi pertama adalah pengenalan kursus dan sesi kedua adalah sesi sharing dan tanya jawab.

Dr Yudo Anggoro memperkenalkan sesi pertama kursus virtual dengan salam ramah. Dijelaskannya, tahun ini merupakan tahun kedua SBM ITB menjalankan program ini sebagai summer course. SBM bermaksud untuk memperkenalkan tema ekspor produk budaya dan kreatif. Ia juga menyebutkan pentingnya penggunaan soft power sebagai tema sentral tahun ini.

Soft power bisa menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini. Selain itu, kursus ini bertujuan untuk menjalin kerjasama yang erat dengan para peserta dan memperkenalkan iklim bisnis Indonesia saat ini,” kata Yudo.

Dengan pengenalan kedua pembicara terkemuka, Dr Atik Prianingsih menyampaikan salah satu tema utama yakni Strategi Negara Mencapai Soft Power Ekspor Industri Budaya dan Kreatif. Atik juga menyiapkan materi pengenalan untuk mencapai soft power. Dia memperkenalkan kursus dan memandu peserta melalui program, jadwal, dan kegiatan.

Dalam sesi ini, para peserta harus membuat tugas akhir. Ide utama proyek ini adalah untuk menyusun rencana produk budaya dan kreatif Indonesia untuk mendukung pengembangan soft power Indonesia di panggung dunia. Kemudian, ia juga menunjukkan dua video dari berbagai negara yang menunjukkan bagaimana musik dapat menjadi alat untuk membuat suatu negara terlihat disukai oleh negara lain. Oleh karena itu, ini membantu untuk menciptakan negara yang terlihat positif.

Lebih lanjut, Dr Atik juga membagikan pengetahuannya tentang soft power. Ia mendefinisikan soft power dengan membedah makna power. Ada dua jenis kekuasaan. Kekuatan pertama dikenal sebagai kekuatan keras, dan kekuatan kedua yang dieksplorasi dalam topik ini dikenal sebagai kekuatan lunak. Soft power adalah cara mengolah sumber daya internasional dan domestik untuk hubungan positif antar negara. Di akhir sesi, ia juga menjelaskan lebih jauh tentang contoh nyata soft power di India.

Kontributor: Aqila Gabrita Kamal, YP MBA 2021