Setelah melalui rangkaian acara panjang yang terdiri atas total 23 sesi paralel yang diadakan selama tiga hari sejak 10–12 Agustus 2022, The International Graduates Colloquium (IGC) 2022 akhirnya tiba di puncak acaranya yaitu pengumuman Best Paper IGC 2022. Acara tersebut diselenggarakan sebagai salah satu segmen dalam 7th International Conference on Management in Emerging Markets (ICMEM) 2022 Awarding Night pada Jumat (12/8/2022).

Terdapat dua kategori penghargaan yang diberikan pada malam tersebut, yaitu kategori Riset Terbaik Magister Sains Manajemen dan Riset Terbaik Doktor Sains Manajemen. Kriteria penilaian karya tulis ditinjau dari aspek originalitas, kontribusi karya terhadap isu yang diangkat, serta implikasi manajerial yang tercantum dalam karya tersebut.

Para peneliti yang berhasil menyabet penghargaan di kategori Riset Terbaik Magister Sains Manajemen adalah Azmii Lathifah dengan judul paper “Understanding Participation in Value Co-Creation and Acceptance of iPosyandu Application among Community Health Workers” dan Tarada Berlian Megananda dengan judul paper “Improving Finance Well-Being in Indonesia: The Mediating Role of Financial Behavior”.

Sementara itu, untuk kategori Riset Terbaik Doktor Sains Manajemen, Anton Herutomo yang mengangkat topik “Digital Social Innovation to Support Sustainable Development: Framework and Preliminary Study” serta Sely Martini yang membahas “Conceptual Model on the Implication of Implementing ISO 37001 Antibribery Management System in Indonesian State-Owned Enterprises For Corruption Prevention” berhasil membawa pulang penghargaan tersebut.

Adapun IGC adalah forum yang dibentuk oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB bagi mahasiswa peneliti pascasarjana untuk mempresentasikan dan mendiskusikan penelitian mereka bersama kolega, cendekiawan terkemuka, dan para pakar dalam suasana kolaboratif yang memungkinkan pertukaran ilmu secara bermakna dan konstruktif. IGC telah sukses diselenggarakan tiga tahun berturut-turut sejak 2019, dan menerima lebih dari 200 submisi paper di tahun 2022.

Tujuan IGC adalah untuk berkontribusi pada perjalanan mahasiswa penelitian pascasarjana agar mereka dapat menerima masukan yang berharga mengenai penelitian mereka sekaligus menjadi lokakarya untuk belajar tentang tinjauan literatur, metode dan publikasi penelitian kontemporer, serta pengembangan karir.

Kontributor: Janitra Nuraryani, Manajemen 2023