Pemasar digital jadi pekerjaan yang paling diminati pada tahun 2022. Banyak perusahaan saat ini membutuhkan seorang data analis, pengembang perangkat lunak, digital marketing, manajemen projek, kecerdasaran buatan, desain pengalaman pengguna, penulis konten, desain grafis, pemasaran media sosial, serta risert pasar.

Demikian garis besar kuliah tamu dari Managing Director Teman Sebangku Group, Risky Danie Fahrulloh, di SBM ITB (14/10/2022) Rizky, mantan digital marketer Blibli.com, mengatakan bahwa naiknya profesi pemasar digital karena adanya perubahan pola perilaku dan kehidupan manusia yang tadinya konvensional menjadi serba digital.

Dengan total pengguna mencapai 62,5% dari total populasi dunia dan bertumbuh 4% per tahun, potensi pangsa pasar internet menjadi sangatlah besar. Potensi besar dunia digital inilah yang ingin diserap oleh banyak perusahaan agar mampu bersaing di masa yang akan datang. Untuk itulah peran digital marketing sangatlah besar untuk menyokong potensi ini.

Marketing digital menurut Rizky, adalah serangkaian tindakan pemasaran untuk mempromosikan suatu barang ataupun jasa lewat jalur digital yang melibatkan perangkat elektronik. Dalam marketing digital sendiri pun masih bisa diturunkan lagi ke dalam beberapa bagian, yakni marketing social media, marketing surat elektronik, marketing pemberi pengaruh, promosi lewat pesan singkat, optimalisasi mesin pencarian dan lain lain.

Hal utama dari digital marketing adalah kampanye promosi lewat berbagai media social yang terbagi menjadi tiga tahap. Pertama adalah kampanye, di mana kita perlu menentukan objek tujuan beserta anggaran pembiayaannya. Kedua kita perlu menentukan hal yang lebih teknis seperti penjadwalan, target market serta penempatan iklan yang akan kita jalankan. Setelah semua rencana telah siap, terakhir yang perlu dilakukan adalah bertindak sesuai dengan rencana lewat pembuatan akun social media, penciptaan konten informasi serta hal-hal penting lainnya.

Written by Student Reporter (Erwin Josua, EMBA 2021)