Setelah masa-masa sulit yang dihadapi oleh hampir seluruh bisnis di masa pandemi, kini perlahan bisnis-bisnis yang mampu bertahan mulai kembali melebarkan sayapnya. Hal ini pun yang dilakukan oleh Lalamove, sebuah perusahaan pengiriman barang instan yang kini telah dan sedang melakukan beberapa ekspansi bisnisnya setelah menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi. Lalamove telah berhasil berekspansi ke beberapa daerah seperti Bandung, Surabaya, Malang, Cirebon, dan daerah lainnya. Lalu apa sebenarnya yang menjadi salah satu kunci dibalik keberhasilan ekspansi bisnis pasca pandemi?

Menjawab Tantangan Pasca Pandemi

HR memegang peranan penting untuk memahami apa yang terjadi di dalam sebuah bisnis di masa-masa transisi. Dua tantangan utama yang perlu dipahami adalah meliputi perubahan customer behavior dan juga talent market. Perubahan demand menjadi salah satu tantangannya yang kemudian dapat berdampak pada restrukturisasi karyawan, layoff, dan lain sebagainya. HR harus dapat membantu bisnis untuk dapat menciptakan keseimbangan di dalamnya.

Kunci Sukses HR dalam Ekspansi Bisnis

Saat ekspansi bisnis terjadi, ada hal terkait dengan man power yang perlu disiapkan dengan baik oleh para HR. Baik itu dalam mencari talent baru atau melakukan pemindahan talent yang sudah ada ke tempat ekspansi baru, semua itu harus dipertimbangkan dengan matang. Belum lagi mengenai upaya HR untuk juga turut andil dalam mengatur business operation perusahaan di tempat-tempat yang baru. Maka dari itu persiapan man power yang dipegang oleh HR ini juga menjadi salah satu faktor utama kesuksesan atau kegagalan suatu ekspansi bisnis di pasca pandemi.

Tantangan Proses Ekspansi yang dihadapi oleh HR

Ada tiga tantangan utama; proses rekrutmen, eksistensi perusahaan di tempat baru, dan kondisi talent setiap daerah. Dari tiga hal ini, tantangannya adalah dalam hal ketidakseimbangan informasi yang ada di setiap daerah. Saat memasuki daerah baru, bukan hanya rekrutmen itu sendiri yang perlu digarap oleh HR, namun juga untuk memahami bagaimana eksistensi perusahaan di tempat baru tersebut. Jika memang terbukti eksistensinya belum besar, maka ini juga menjadi pekerjaan rumah HR untuk kemudian dapat membuat calon-calon talent mengenali perusahaan dan pada akhirnya bisa menyaring talent-talent terbaik.

HR Harus Dapat Melihat Helicopter View

Jika masih berpendapat bahwa seorang HR hanya perlu memahami seputar manusia-nya saja, maka itu adalah sebuah kesalahan. Mengambil peran sebagai seorang HR berarti juga harus bisa bertanggung jawab dalam memiliki pemahaman bisnis yang baik dari seluruh sisi. Hal ini agar seorang HR dapat secara penuh memahami objektif dari masing-masing divisi, tantangan apa saja yang ada di dalamnya, bagaimana strateginya, dan lain sebagainya agar HR dapat mengelola talent di dalamnya melalui pendekatan yang terbaik.

Student Announcer: Angela Thrisananda Kusuma (Entrepreneurship 2022)
Interviewee: Imelda Natalia, MBA (People Operations Manager at Lalamove, Young Professional MBA Alumni Class of 2013)