SBM ITB kedatangan dosen tamu dari University of Houston, Vanessa Patrick, PhD., menjelang akhir tahun 2022. Beliau mengunjungi Bandung selama satu bulan, mulai dari awal November hingga awal Desember. Selama kunjungannya, Dr. Patrick membagikan ilmu dan pengalamannya sebagai seorang dengan latar belakang bisnis dan pemasaran kepada civitas akademika SBM ITB, mulai dari mahasiswa S1 dan S3 hingga para dosen, melalui faculty development class, sharing session, coaching, seminar, dan kuliah tamu.

Agenda pertama Dr. Patrick setelah mengeksplorasi SBM ITB adalah melakukan coaching dengan mahasiswa Doctor of Science in Management. Kemudian, beliau pun diundang untuk mengisi kuliah tamu mata kuliah Integrated Business Asia 1 mengenai pentingnya inklusivitas dalam bisnis kepada mahasiswa S1 International Business. Selain itu, beliau pun mengajar empat kelas faculty development dalam kurun waktu tiga minggu. Dengan pengalaman mengajar dan penelitiannya yang luas, Dr. Patrick mengangkat topik berupa Publishing World-Class ResearchBest Practices for Classroom TeachingWriting for Researcher, dan Translating Research into Action.

“Saya mempertahankan perhatian mahasiswa di kelas dengan cara menunjukkan kepada para mahasiswa bahwa saya tidak mengajarkan mereka materi untuk ujian, tetapi saya membagikan pengetahuan yang dapat mereka gunakan seumur hidup,” ujar Dr. Patrick mengenai filosofi mengajarnya di kelas.

Setelah membahas pembelajaran dari sudut pandang dosen, Dr. Patrick menyarankan mahasiswa untuk mengoptimalkan pengalaman belajar mereka dengan berpartisipasi di dalam kelas. Beliau menjelaskan, karena perkuliahan merupakan komunikasi dua arah, maka semakin banyak mahasiswa yang berpartisipasi, akan semakin baik pula pengalaman belajarnya. Beliau juga setuju bahwa banyak mahasiswa yang menahan diri untuk mengikuti kelas meskipun memiliki pengetahuan yang cukup. Saran Dr. Patrick adalah banyak berlatih. Beliau menjelaskan bahwa melakukannya pertama kali memang akan sulit, tetapi jika terus dilakukan akan membuatnya semakin mudah.

Dr. Patrick tidak berhenti di Sekolah Bisnis dan Manajemen, beliau juga menyampaikan sharing session mengenai The Power of Saying “No” pada tanggal 2 Desember 2022 dan mengundang seluruh civitas akademika ITB dalam acara tersebut. Dimoderatori oleh Dr. Nila Armelia Windasari, Dr. Patrick mendorong seluruh hadirin untuk menyuarakan nilai-nilai dan prioritas mereka sebagai pemimpin. Beliau juga memfasilitasi para hadirin dengan alat dan teknik berbasis bukti untuk membantu mereka dalam menjalani kehidupan dengan lebih baik, baik itu secara personal maupun profesional.

Selain mengajar, Dr. Patrick juga mengungkapkan kebahagiaannya selama tinggal di Bandung saat wawancara dengan tim Marketing Communication SBM ITB. Beliau mengatakan bahwa beliau telah pergi ke tempat-tempat wisata seperti Kawah Putih dan telah mencoba makanan lokal Indonesia. Dari semua masakan baru yang beliau coba, masakan Indonesia favoritnya adalah iga bakar. Beliau pun sangat menyukai minuman herbal tradisional Indonesia, yakni jamu.

Secara keseluruhan, kunjungan Dr. Vanessa Patrick penuh dengan agenda bermakna dan beliau pun telah menginspirasi banyak mahasiswa dan para pengajar untuk terus belajar dan berjuang menjadi yang terbaik.

Kontributor: Puteri Tricahya Utami, Manajemen 2024