Setelah vakum 3 tahun, akhirnya Kreanesia kembali dilaksanakan di tahun ini oleh School of Business Management (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB). Kreanesia tahun ini, untuk pertama kali berkolaborasi antara Mahasiswa Sarjana Kewirusahaan dan Mahasiswa Enterpreneurship MBA SBM ITB. Melalui episode SBM ITB Talks ini, kita akan belajar dari figur yang sangat berpengalaman dan sudah menggeluti dunia bisnis sejak lama. Lalu, bagaimana sepak terjang Bang Jeff dan Naufal dalam menggeluti bisnis mereka? Apa saja tantangan bisnis saat ini dan bagaimana solusinya?

4 Pondasi Utama dalam Berbisnis

Business is very dynamic! Kalimat ini cukup mewakili bagaimana suatu bisnis berjalan. Terdapat banyak sekali perubahan yang mungkin akan terjadi dalam menjalankan suatu bisnis. Namun, Bang Jeff dan Naufal menjelaskan bahwa terdapat 4 pondasi utama yang harus dimiliki dalam suatu bisni yaitu Finance (Keuangan), Marketing (Permasaran), Supply Chain (Rantai Pasokan), dan Human Resource (Sumber Daya Manusia). Dengan berpegang teguh pada 4 hal tersebut maka suatu bisnis dapat dikatakan menjadi suatu bisnis yang ideal.

Mindset, Spirit, and Mental is a Key!

Bisnis tidak akan pernah luput dari tantangan. Resiko dan tanggung jawab menjadi makanan sehari-hari bagi seorang pebisnis. Kondisi saat ini, recovery pasca pandemi tentu menjadi tantangan besar bagi pelaku bisnis. Mindset, Spirit dan Mental bisa menjadi kunci dalam menghadapi tantangan dalam berbisnis. Mindset yang dimiliki seorang entrepreneur tentu harus berbeda dengan yang mindset orang biasa, berorientasi pada solusi dan inovasi adalah hal yang harus dimiliki saat menghadapi tantangan dalam berbisinis. Didukung dengan Spirit yang kuat untuk “berjuang” maka niscaya bisnis akan bangkit dari keterpurukan. Dan yang terakhir Mental, dalam hal ini mental yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur yaitu seorang pebisnis harus siap dalam segala kondisi yang akan dihadapi oleh bisniss mereka. Dengan memiliki ketiga hal ini, maka niscaya seorang pebisnis akan selalu siap dengan semua tantangan yang akan mereka hadapi didepan sana.

Digitalisasi menjadi chapter selanjutnya dalam bisnis

Setelah bangkit dari keterpurukan pasca pandemi, kini bisnis memasuki chapter selanjutnya yaitu digitalisasi. Bukan hal baru digitalisasi dalam berbisnis, tetapi digitalasasi dalam berbisnis kini seolah-olah menjadi suatu keharusan bagi suatu bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka. Hal ini perlu diperhatikan bagi para pebisnis apabila bisnis mereka ingin tetap hidup dan berkembang menjadi lebih besar.

 Krenesia menjadi sarana Aktualisasi

Menjawab semua tantangan dalam berbisnis, Kreanesia hadir sebagai sarana bagi para young entrepreneur dalam aktualisasi bisnis mereka. Tahun ini, Kreanesia kembali dilaksanakan oleh SBM ITB setelah 3 tahun pelaksanaan event tertunda karena pandemi COVID-19. Krenesia dilaksanakan di laksanakan di Cihampelas Walk (Ciwalk) Bandung pada Sabtu 26 November 2022 mendatang. Bang Jeff dan Naufal menjelaskan ini adalah momentum yang tepat bagi para young entrepreneur untuk aktualisasi bisnis. Melalui event ini, pemilik bisnis dapat merasakan bagaimana bisnis itu berjalan. Mereka akan bertemu dengan para konsumen secara langsung, memperkuat koneksi bisnis, serta mendapakan insight dan inspirasi bagi bisnis mereka.

Membangkitkan Semangat Bisnis menjadi harapan besar Kreanesia

Kreanesia hadir untuk menfasilitasi para young entrepreneur dalam mengembangkan bisnis mereka. Bang Jeff dan Naufal memeliki harapan besar dengan diadakan kembali Kreanesia bukan hanya mengembengkan bisnis, namun Kreanesia pun dapat membangkitkan kembali semangat para young entrepreneur dalam menjalan bisnis mereka. Setelah bisnis mereka “babak belur” dihantam bencana pandemic yang cukup lama, ini lah saatnya para young entrepreneur bangkit dan menunjukan taring mereka dalam berbisnis.

Student Announcer: Lukman Fauzan Hakim (BLEMBA Batch 67)
Interviewee: Nur Islami Javad, MBA (Chief Digital startup, Ecommerce & Fintech (DEF) at PT. Sharing Vision Indonesia, Young Professional MBA Alumni Class of 2015), Naufal Dhamiri Syifa (President of IMK Artha, Bachelor of Entrepreneurship Student Class of 2023)