Khawatir harga energi dunia terus naik, seorang mahasiswa MBA ITB Ibrahim menciptakan inovasi kompor tenaga surya bernama Mag Fire. Ibrahim mendirikan Mag Fire pada 2022, menawarkan kompor surya sebagai pengganti kompor gas atau kompor listrik untuk memasak dengan cara yang lebih berkelanjutan .

Ibrahim menyatakan memasak dengan kompor Mag Fire dapat memangkas biaya hingga 50% lebih dibandingkan dengan kompor biasa lainnya. Komunitas ibu-ibu di Pasteur, Bandung, dan Cirebon disebut sudah merasakan manfaatnya. Mag Fire memasang kompor untuk mereka sehingga dapat digunakan bersama untuk keperluan komunitas.

“Mag Fire telah melalui banyak hal sampai saat ini. Kedepannya Mag Fire akan melakukan kerja sama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan guna pendistribusian kompor surya lainnya kepada masyarakat yang lebih luas,” kata Ibrahim saat mengikuti Pameran Bisnis dalam rangka Dies Natalis SBM ITB ke-19 di Kamus SBM ITB, Bandung (6/1). 

Mag Fire adalah satu dari sekian banyak inovasi bisnis yang berpameran di HUT SBM ITB ke-19. Sejumlah bisnis yang didirikan baik oleh mahasiswa aktif maupun alumni SBM ITB juga turut memamerkan inovasinya. 

Ada Foodurama, perusahaan yang menawarkan makanan nabati. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang mereka di situs web mereka foodurama.co dan Instagram mereka @foodurama.co. 

Lalu ada Rawhaus yang menawarkan rumah mikro siap rakit yang terbuat dari produk daur ulang untuk mengurangi dampak lingkungan. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang mereka di situs web mereka www.rawhaus-id.com, atau halaman instagram mereka @rawhaus.id. 

Ada juga Kopi Warga, kedai kopi yang menanam kopi sendiri di lahan yang dibuka untuk penghijauan. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi situs web mereka www.kopiwarga.com  atau akun media sosial mereka @kopiwarga.id.

Written by Student Reporter (Anggi Nurdiani, Management 2024)