Kidz Adventura punya bisnis unik. Menurut mereka, profit bukanlah tujuan utama, melainkan dampak bagi pendidikan anak Indonesia. 

Untuk itulah mereka mendistribusikan 25% keuntungan buat program sosial. Menurut Pendiri Kidz Adventura yang juga alumni SBM ITB, Iden Darmawan, lebih dari tiga ribu anak di Indonesia dan 500 keluarga di Indonesia telah merasakan manfaat program sosial mereka.

“Dua puluh lima persen keuntungan untuk program sosial itu sebenarnya tidak besar, karena fokus kami itu untuk mendapatkan impact yang optimal,” kata Iden Darmawan merendah, ketika ditemui di halaman SBM ITB, Bandung, Jumat (6/1).  

Kidz Adventura merupakan salah satu dari beberapa inisiatif bisnis yang diundang untuk berpameran pada perayaan ulang tahun ke-19 SBM ITB. Kidz Adventura adalah sebuah perusahaan sosial di bidang pendidikan dan memiliki visi untuk memeratakan pendidikan anak-anak di Indonesia. 

Sejak berdiri pada 2016, Kidz telah menggondol berbagai penghargaan. Di antaranya Anugerah Prakarsa Pendidikan dari Gubernur Jawa Barat 2019, Pemuda Pelopor Bidang Pendidikan dari Dispora Provinsi Jawa Barat 2021, dan Anugerah Pemuda Hebat Nasional Bidang Pendidikan dari Kemenpora 2022.

“Kebanyakan social entrepreneur tidak bertahan lama, ini dikarenakan minimnya benefit yang dirasakan oleh orang tersebut. Sesuatu bertahan lama bergantung pada siapa pendirinya, siapa yang membesarkannya, dan alasan awal dari terbentuknya hal tersebut,” kata Iden. “Saya sendiri sangat passion terhadap hal-hal yang berkaitan dengan anak-anak, itulah mengapa Kidz Adventura dapat bertahan lama.” 

Program yang mereka tawarkan saat ini adalah Liburan Sekolah x Pesantren Kilat, Kemah Kidz Adventura Mengajar, Trauma Healing Parent Think, dan Beasiswa Pendidikan.

Rencana Kidz Adventura pada masa mendatang adalah memiliki sekolah sendiri. Ia berharap rencana ini bisa dilaksanakan secepatnya. Sekolah itu akan mewadahi anak-anak baik dari kalangan menengah atas dan menengah ke bawah.

Kontributor: Anggi Nurdiani, Manajemen 2024