berksempatan berbagi pandangan dari sisi keilmuan dalam Konferensi International Association of Business Communicators (IABC) pada IABC Indonesia Conference di Hotel Westin, Jakarta, pada 6 Desember 2022. SBM ITB hadir sebagai Knowledge Partner pada konferensi komunitas public relations (PR) terbesar di dunia tersebut.

Konferensi IABC Indonesia 2022 mengusung tema “Menuju 2023: Communicating for Impact”, yang bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan kesempatan berjejaring serta berdiskusi mengenai komunikasi yang berdampak dan memberikan nilai tambah bagi perkembangan bisnis perusahaan. Konferensi ini menavigasi tren dan arah strategi komunikasi di Indonesia berdasarkan isu-isu yang bergejolak dalam dunia bisnis serta desakan untuk bertransformasi dalam Keberlanjutan dan Kemajuan Teknologi. 

Dalam konferensi tersebut, SBM ITB diwakili oleh Dr. Nurlaela Arief, MBA, Direktur Komunikasi dan Hubungan Alumni. Pada kesempatan tersebut, Nurlaela menyampaikan SBM ITB merasa terhormat dalam berkolaborasi dalam IABC, merayakan merayakan konferensi komunikasi bisnis kelas dunia yang membahas isu-isu keberlanjutan saat ini.

“Dengan pembicara terkemuka dan peserta pembelajaran aktif, SBM ITB tidak saja memberikan ilmu-ilmu terkait, namun juga semakin kaya dengan mendapatkan ilmu-ilmu dan tren terbaru dari konferensi ini,” kata Nurlaela. 

Tidak hanya menjadi salah satu pembicara, Direktur Pusat Kebijakan dan Manajemen Publik Yudo Anggoro, Ph.D juga didapuk menjadi moderator dalam sesi panel “The Challenge and Opportunities in Prioritizing Sustainability in Indonesia” dengan panelis dari berbagai perusahaan dan ahli di bidang masing-masing, seperti JNE, Pertamina Hulu Indonesia, Landscape Indonesia, dan VMCS Advisory Indonesia. Presiden IABC Indonesia Elvera N. Makki menyatakan, IABC ingin meningkatkan peran PR dan komunikasi semakin strategis bagi perusahaan di mana komunitas dan anggota IABC bekerja. Aapakah di sektor publik, privat, konsultan, maupun lembaga swadaya masyarakat.

Data dari IABC mengindikasikan bahwa sekitar 436 juta hasil pencarian Google membicarakan ESG (Lingkungan, Sosial, Tata Kelola) dalam payung Keberlanjutan sehingga topik ini menjadi salah satu pembahasan penting dalam Konferensi IABC Indonesia.

“Kami senang dapat memiliki SBM ITB sebagai mitra ilmu kami dalam acara ini,” ujar Elvera.

Partisipasi SBM ITB dalam Konferensi IABC Indonesia menunjukkan komitmen sekolah dalam memberikan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat dalam bidang komunikasi bisnis, terutama dalam bidang keberlanjutan.


Kontributor: Janitra Nuraryani, Manajemen 2023