Industri kreatif dengan keanekaragaman produk kreatifnya yang tak terbatas menghadirkan potensi dan tantangan. Salah satu tantangannya adalah ketidakpastian yang tinggi pada permintaan produk, terutama di sektor media dan pengembangan aplikasi, di mana bagian tertinggi inovator dapat ditemukan.

Hal ini menimbulkan tantangan yang tinggi bagi organisasi  ketika berada dalam mode pertumbuhan tinggi. Selain itu, inovasi disruptif mengubah pola konsumsi dan kualifikasi pekerjaan atau pengetahuan.

Widya Nandini mengusulkan konsep kinerja adaptif individu sebagai output utama untuk membantu organisasi menavigasi ketidakpastian ini. Konsep tersebut ia pertahankan pada ujian disertasi doktoralnya pada Jumat (13/1). 

Disertasi yang berjudul “Perspektif Teori Pembelajaran Sosial: Mekanisme Keterlibatan Kerja, Pembelajaran Aktif, dan Kinerja Adaptif Individu dalam Industri Kreatif, Kasus Pengembangan Media dan Aplikasi,” berfokus pada proses pembelajaran dan adaptasi individu di tempat kerja, dengan tujuan membangun kinerja adaptif individu. Penelitian ini mendemonstrasikan peran sentral keterlibatan kerja dalam menjembatani determinisme timbal balik antara pembelajaran aktif dan kinerja adaptif individu, memperluas pemahaman mekanisme antara pembelajaran aktif dan kinerja adaptif melalui pendekatan teori sosial klasik pembelajaran, dan menjelaskan mekanisme individu pembelajar aktif dan pasif yang mendukung proses pergeseran pendekatan yang berorientasi pada pembelajar.

Penelitian ini juga memiliki beberapa implikasi manajerial. Di antaranya, pentingnya pembelajaran aktif dalam membangun kinerja adaptif individu melalui peran organisasi, seperti kontrol kerja dan dukungan organisasi, dan faktor penting dari faktor kognitif seperti growth mindset dan keterlibatan kerja pada pembelajaran, dan kinerja adaptif karyawan dari growth mindset individu dari tujuan pribadi. Organisasi harus memfasilitasi tujuan pribadi dan mendorong orientasi karir dan aspirasi karyawan mereka untuk mengembangkan dan mempertahankan keterlibatan kerja yang tinggi.

Penelitian Widya telah menghasilkan beberapa publikasi, antara lain di jurnal bereputasi internasional dengan index Scopus Q2, dengan judul “The Mechanism of an Individual Internal Process of Work Engagement, Active Learning and Adaptive Performance,” dan di jurnal Bisnis dan Birokrasi, dengan index Sinta 2, berjudul “Anteseden dan Konsekuensi dari Kinerja Adaptif Individu: Sebuah Studi Literatur Sistematis.” Penelitian ini juga dipresentasikan dalam konferensi internasional dengan judul “Bridging Individual Adaptive Performance and Learning Process: A Systematic Literature Review.”

Kontributor: Janitra Nuraryani, Manajemen 2023