The Chief Kepala Editor Luminare Collective Elan Pradana S. Tanari bertekad ingin mengembangkan majalah tersebut agar lebih relevan terhadap pembacanya. Luminaire merupakan majalah terbitan Keluarga Mahasiswa Manajemen Institut Teknologi Bandung (KMM ITB) yang telah terbit sejak 2015. 

Menurut mahasiswa SBM ITB angkatan 2020 itu, Luminaire bisa menjadi wadah kreatifitas bagi seluruh mahasiswa SBM ITB, sembari tetap menyinggung beberapa hal berkaitan dengan bisnis. Selama ini Luminaire mengangkat isu-isu seperti ide-ide bisnis hingga cerita pengalaman dari para pelaku di industri kreatif. Dari segi digital, platform Instagram Luminaire juga mengangkat konten yang berisi polemik atau argumentasi sehingga bisa menjadi bahan diskusi dan topik pembicaraan pembaca.

Luminaire Collective biasanya dipublikasikan melalui platform ISSU secara daring. Namun untuk meningkatkan keterlibatan pembaca, Elan mengubah cara publikasi menjadi lluring dengan menjual majalah tersebut melalui platform Tokopedia. 

Majalah Luminaire

Peluncuran pertama Luminaire versi luring ini dilaksanakan pada 11 Desember 2022 diiringi dengan acara pesta pembukaan. Pada saat itu jumlah produksi majalahnya mencapai 3 lusin yang dijual dengan harga Rp 98.000. 

Tidak hanya di Tokopedia, Elan berencana untuk menaruh majalahnya di berbagai toko buku. Target pembaca pun berkembang yang awalnya hanya dari mahasiswa SBM ITB sekarang bisa menjadi umum. Elan juga berencana untuk membuat acara yang merangkul pelaku kreatif untuk membangun ekosistem industri terutama di Bandung.

“Saya berharap untuk 10 tahun kedepan, banyak pelaku kreatif yang sudah sukses, pernah bekerja sama dengan Luminaire,” kata Elan. “Jadi Luminaire pernah menjadi bagian dari perjalanannya hingga menjadi pelaku industri kreatif yang sukses.”

Kontributor: Luthfaliya Zahira, Management 2025