Mario Nicholas, CEO dari Kuncie, berkesempatan membagikan pengalamannnya menjadi seorang entrepreneur pada salah satu mata kuliah di SBM ITB, Entrepreneurial Leadership for Business Growth, pada 22 Februari 2023. 

Mario membagikan kisahnya dalam merintis karir hingga menjadi seorang entrepreneur saat ini. Setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dia mengawali karirnya dengan menjadi seorang pengacara selama tiga bulan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Ia mulai merasa bahwa menjadi seorang pengacara bukanlah sesuatu yang ia sukai.

Pekerjaan yang cenderung monoton membuat ia tidak bisa mengeksplorasi dan menyalurkan kreativitas yang ada dalam dirinya. Akhirnya, Mario pun memutuskan untuk mundur dari pekerjaannya menjadi pengacara. Ia beralih profesi dan mulai menekuni bidang lain yang membantu mengembangkan dirinya menjadi entrepreneur saat ini.

Setelah menempuh perjalanan karir selama kurang lebih sepuluh tahun di berbagai perusahaan, Mario akhirnya menyadari terdapat beberapa elemen yang diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Elemen tersebut diantaranya adalah Money, Resilience, Network, Knowledge, dan Luck.

Setiap elemen memiliki peran dan fungsinya masing-masing untuk mendukung kesuksesan seorang entrepreneur. Namun, terdapat satu hidden element yang dapat membantu menyeimbangkan semua elemen yang dibutuhkan oleh seorang entrepreneur, yaitu experience. Pengalaman menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam keberhasilan seorang entrepreneur.

Pengalaman yang telah ia dapatkan membawa Mario untuk mendirikan perusahaannya sendiri, yaituKuncie. Kuncie adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelatihan dan edukasi karir, khususnya di bidang entrepreneurial. Kuncie tidak hanya menyediakan sarana belajar untuk para pengguna mereka, tetapi juga memberdayakan para mentor dengan menyediakan sebuah platform yang memadai untuk membagikan pengetahuan, membangun sebuah komunitas, dan memperluas relasi mereka.

Setelah sesi presentasi selesai,  Mario mempersilahkan para mahasiswa SBM ITB untuk mengajukan beberapa pertanyaan untuk dibahas dan didiskusikan dalam kelas mata kuliah Entrepreneurial Leadership for Business Growth pada hari itu. Para mahasiswa pun memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang untuk menambah ilmu mereka terutama di bidang kewirausahaan.

Mario membagikan kisahnya dalam merintis karir hingga menjadi seorang entrepreneur pada salah satu mata kuliah di SBM ITB, Entrepreneurial Leadership for Business Growth
Kontributor: Anggi Nurdiani, Manajemen 2024