BebasInvestasi CEO Kevin Giarto menyebutkan ada lima fase dalam pengelolaan keuangan pribadi alias personal finance. Fase tersebut terdiri dari mengatur uang pribadi, membangun keamanan finansial, mengumpulkan kekayaan, melestarikan kekayaan, dan meninggalkan warisan. 

Kevin membagikan pengetahuannya mengenai personal finance dalam acara Kelas Malam yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Manajemen, Institut Teknologi Bandung (KMM ITB), di Bandung pada Jumat (24/2). Diskusi itu sebagai bentuk dukungan bagi mahasiswa dalam mempelajari keterampilan teknis (technical skill). 

Kendati personal finance terdiri dari lima fase,  Kevin, pada kesempatan tersebut hanya fokus membahas fase satu sampai tiga. Kevin menyesuaikan fokus pembahasan dan peserta diskusi yang didominasi oleh mahasiswa.

Kevin menyarankan agar dalam fase pertama, orang-orang harus fokus pada pengeluaran kebutuhan sehari-hari, membayar hutang, dan menghasilkan pendapatan yang stabil. Setelah hutang terbayar dan pendapatan stabil, baru dapat dilanjutkan ke fase kedua, yaitu membangun keamanan finansial. Pada fase ini, seseorang harus fokus pada pembuatan dana darurat, yang merupakan pengeluaran dalam setahun. Selain itu, disarankan untuk membeli asuransi untuk menjaga kesehatan.

sangat merekomendasikan mahasiswa untuk mulai belajar investasi guna memperluas kekayaan pribadi dan mempersiapkan dana pensiun. “Buat pemasukan yang stabil dan mulai buat uang bekerja untuk Anda, yaitu nvestasi,” kata

Kevin menjelaskan investasi merupakan hal yang paling kompleks dan sulit untuk dipelajari seorang diri. Itu sebabnya Kevin mendirikan sebuah startup bernama BebasInvestasiKevin founded a startup called BebasInvestasi.

Menurut Kevin, BebasInvestasi mengemas investasi sebagai kegiatan yang mudah dipahami dan menyenangkan oleh seluruh kalangan, termasuk bagi orang yang sangat awam sekalipun. Hal ini memungkinkan siapa saja untuk melakukan investasi melalui platform tersebut karena analisis nilai saham akan disederhanakan sehingga mudah dipahami oleh siapa saja.

CEO BebasInvestasi, Kevin Giarto bersama KMM ITB
Kontributor: Anggi Nurdiani, Manajemen 2024