Menjadi pemimpin yang efektif membutuhkan tindakan dan pembelajaran berkelanjutan. Seseorang perlu memperbaiki diri secara berkelanjutan untuk mencapai kepemimpinan yang efektif. 

Demikian disampaikan Human Resource Program and Performance Manager DHL Express Indonesia Melisa Kurniawati saat berbicara dalam BV E-Talk ke-20 pada Sabtu (1/4). BV E-Talk adalah sebuah platform berbagi tentang bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, menginspirasi peserta untuk menjadi pemimpin, dan menjadi platform jejaring untuk pembicara, audiens, dan mitra, yang diselenggarakan oleh Bukit Vista, Perusahaan Jasa Manajemen Perhotelan. SBM ITB merupakan salah satu partner pendidikan Bukit Vista

Selain Melisa, sejumlah pembicara turut hadir menyampaikan pandangannya tentang kepemimpinan. Pemimpin SDM IHG Resort Thailand, Saudi Khaneng, misalnya berpendapat bahwa pemimpin yang sukses adalah seseorang yang dapat menangani hambatan dan orang-orang sambil membuat keputusan yang sesuai dengan kepentingan terbaik organisasi.

Sementara Iqbal Hariadi, VP of Brand Communication Kitabisa.com, menekankan pentingnya kesadaran diri dan kemauan untuk mencapai tujuan sebagai karakteristik penting dari kepemimpinan yang sukses. Adapun Seorang pemimpin yang efektif, menurut Brian Arfi, Director of Product Fasset, harus memiliki pengalaman dan kemampuan memecahkan masalah.  

Topik diskusi kedua adalah memimpin tim dalam masa krisis. Co-Founder Aksel.Id Dio Anamia menggarisbawahi pentingnya tetap fokus pada gambaran besar selama krisis.

Sementara Imam Reiza Fahlevi, Vice President of Engineering di eFishery, menekankan nilai kepercayaan dan keterbukaan di saat krisis untuk menumbuhkan suasana kerja yang positif. 

Para pemateri juga membahas topik bagaimana menjaga motivasi karyawan di saat krisis. Saudi Khaneng menekankan pentingnya tetap tenang dan mengadakan rapat tim secara teratur, meskipun bersifat informal, agar pekerja tetap terinspirasi dan dibujuk untuk mematuhi tujuan perusahaan. Sementara menetapkan ekspektasi dan menjunjung tinggi budaya perusahaan sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, menurut Dio Anamia.

BV E-Talk menawarkan kepada peserta forum yang berguna untuk belajar dari para pemimpin berpengalaman dalam berbagai bisnis. BV E-Talk di Bukit Vista merupakan kesempatan yang sangat baik bagi calon pemimpin maupun pemimpin berpengalaman untuk belajar. 

Acara ini menekankan nilai pendidikan berkelanjutan, kesadaran diri, dan kemampuan memecahkan masalah untuk kepemimpinan yang sukses. Pembicaraan tentang manajemen krisis juga memberikan wawasan yang bermanfaat tentang bagaimana menangani keadaan sulit dan menjaga lingkungan kerja yang positif.

BV E-Talk menawarkan kepada peserta forum yang berguna untuk belajar dari para pemimpin berpengalaman dalam berbagai bisnis.
Written by Student Reporter (Muhammad Zem, Management 2023)