Membangun para pekerja jauh lebih esensial dibanding mengedepankan pengembangan teknologi dan inovasi. Teknologi dan inovasi dalam perusahaan akan percuma jika manusianya sendiri belum mampu mengemban tugas atau memahami cara kerjanya. 

Ada tiga kunci utama dalam transformasi perusahaan. Pertama, manusia sebagai pusatnya. Kedua, kecepatan perkembangan teknologi. Ketiga, inovasi berkala. Perubahan dalam aspek manusia sendiri berupa transformasi dari segi organisasi dan tenaga kerja dan transformasi sumber daya manusia. 

“Struktur organisasi beserta orang yang ada di dalamnya seperti kendaraan untuk perusahaan agar mencapai tujuan dan target,” kata, Lusi Lubis, Ernst and Young People Advisory Services Partners, saat mengisi kuliah tamu Psychological Organizational Behaviour di SBM ITB pada Selasa (21/3). 

Ada beberapa faktor yang membuat suatu organisasi berubah. Mulai dari banyaknya pekerja yang mengundurkan diri dan kekurangan bakat serta keterampilan. Maka dari itu, perusahaan perlu membangun organisasi yang stabil. 

Lusi menjelaskan, transformasi dalam suatu organisasi pasti tidak akan menyenangkan bagi beberapa pihak karena dipaksa keluar dari zona nyaman mereka. Lusi menekankan bahwa agar transformasi sukses, perusahaan perlu memperhatikan lingkungan operasional dalam pengalaman pekerja ada dalam lingkungan tersebut. EY biasanya menggunakan framework yang fokus dalam dua aspek, yaitu model operasi seperti strategi dan lingkungan operasional seperti mindset para pekerja. 

Menurut Lusi, banyak perusahaan membutuhkan bimbingan dalam mengatasi permasalahan mereka. Itu yang membuat jasa konsultan penting dan banyak digunakan seperti perusahaannya, EY. 

Ada tiga keterampilan utama menjadi seorang konsultan. Pertama, keterampilan personal seperti memperhatikan secara detail dan mampu menyuarakan pendapat. Kedua, keterampilan interpersonal berupa kemampuan kerja sama yaitu komunikasi. Dan yang terakhir adalah pemahaman bisnis seperti inovasi, yaitu kemampuan memecahkan masalah dan lainnya.

Ernst and Young sendiri adalah perusahaan konsultan global bertujuan membangun dunia kerja yang lebih baik dengan mengubah bisnis melalui kekuatan manusia, teknologi, dan inovasi. Terdapat empat bidang layanan yang menjadi fokus EY yaitu asuransi, perpajakan, konsultasi, strategi dan transaksi. 

Dalam bidang konsultasi sendiri pun, terdapat tiga ranah yang dicakup antara lain teknologi, bisnis, dan manusia. Menurut Lusi, banyak lulusan SBM ITB yang bekerja di perusahaan Ernst and Young. Ada Abel Tedjamulja dan Maria Stephanie Widjaja yang menduduki posisi manajer senior. EY, kata Lusi, membuka kesempatan untuk mahasiswa SBM ITB magang. 

Lusi Lubis, Ernst and Young People Advisory Services Partners, saat mengisi kuliah tamu Psychological Organizational Behaviour
Kontributor: Luthfaliya Zahira, Manajemen 2025