The Greater Hub SBM ITB menggelar malam penganugerahan dan buka puasa bersama dalam rangka penutupan rangkaian kegiatan Coaching Clinic UMKM JABAR Batch 9 2023 pada Jumat (31/3) di Kampus MBA ITB Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan secara terbatas dengan dihadiri oleh para peserta pendampingan.

Sebagai informasi, Coaching Clinic UMKM JABAR merupakan program yang diinisiasikan oleh The Greater Hub SBM ITB untuk menaik tarafkan UMKM yang berada di Jawa Barat dengan pendampingan profesional. Untuk Batch 9 ini, The Greater Hub SBM ITB berkolaborasi bersama dengan Akseleraksi dengan memberikan dukungan berupa beasiswa senilai 50 juta rupiah dalam bentuk pendampingan untuk 400 UMKM terpilih yang mendaftar sejak Januari 2023.

Direktur Inkubator The Greater Hub SBM ITB Dr. Dina Dellyana mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan wujud komitmen SBM ITB dan The Greater Hub dalam mendukung UMKM dan perekonomian mikro yang berprinsip pada kelangsungan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dengan dampak yang terukur pada masyarakat.

Menurut press release yang diberikan oleh The Greater Hub SBM ITB, SBM ITB tengah gencar berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan komitmen ESG dengan semangatnya mendorong terwujudnya Social Development Goals (SDGs). Dengan kolaborasi bersama Akseleraksi ini, SBM ITB ingin mewujudkan salah satu capaian SDGs, yaitu menghadirkan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

Rangkaian pendampingan ini, peserta terpilih mendapatkan kesempatan untuk melakukan aktivitas sesi konsultasi 1-on-1 secara tatap muka bersama business coach yang berasa dari professional di bidangnya. Selain itu, para peserta mendapat pendampingan dalam pembuatan company profile, katalog produk, logo usaha, strategi pemasaran digital dengan konteks teknikal, hingga membantu beberapa legalitas dan perizinan yang dibutuhkan untuk mendukung UMKM.  

Co-Founder dari Akseleraksi Gilang Bagaskara menambahkan bahwa pada gelombang ini, Akseleraksi telah memberikan pelatihan selama 1000 jam untuk para UMKM terpilih. Hal ini berjalan sukses berkat kerjasama 30 profesional yang menjadi pelatih bisnis.

“30 business coach profesional yang mayoritas merupakan mahasiswa MBA ITB dengan pengalaman bisnis dan profesional yang spesifik untuk membantu UMKM.” ujar Gilang. 

COO Akseleraksi Indah Darapuspa dalam paparannya menambahkan bawah program yang akan diselenggarakan sepanjang 2023 akan memasuki babak baru dan lebih bervariasi. Menyadari tantangan yang semakin besar, akan banyak program yang dihadirkan lebih spesifik untuk menjawab kebutuhan para UMKM kedepannya. 

Maka dari itu, dalam rangkaian penutupan itu pula, Akseleraksi meluncurkan program English for Business untuk UMKM. Program ini merupakan buah kolaborasi bersama Cetta Online Class dengan tujuan untuk membangun kemampuan berbahasa asing yang baik bagi para UMKM tahap lanjutan agar dapat berkomunikasi dengan cakupan internasional untuk bisnisnya.  

“Coaching Clinic akan bertransformasi menjadi program-program yang lebih spesifik untuk merespon kebutuhan teknis dari UMKM sehingga kemajuan dalam bisnis mereka tidak hanya jargon namun benar-benar dapat dirasakan dan terukur” ujar Indah. 

Menurut press release yang diberikan juga, Coaching Clinic UMKM JABAR akan diadakan kembali dalam waktu dekat. Coaching Clinic UMKM JABAR merupakan program yang dicanangkan agar dilaksanakan secara berkelanjutan.

30 business coach profesional yang mayoritas merupakan mahasiswa MBA ITB dengan pengalaman bisnis dan profesional yang spesifik untuk membantu UMKM
Kontributor: Bashravie Thamrin, Manajemen 2024