The Greater Hub XIV SBM ITB mengundang modal ventura dalam negeri, Init-6, mengisi sesi mentoring industri di The Greater Hub Ganesha Co-Working Space, Bandung, pada Rabu (5/4). Venture Partner Init-6 Rexi Christopher dalam sesi tersebut memaparkan materi strategi go-to-market (GTM) bertajuk ‘How to Bring a Product to Market’.  

Menurut Rexi, kunci sukses sebuah strategi GTM sangatlah sederhana, yaitu memperbanyak ngobrol dengan pelanggan potensial. Dengan itu, strategi GTM didesain berdasarkan preferensi, kebiasaan, karakteristik dari pelanggan potensial tersebut.

“Perbanyaklah ngobrol dengan potential client kalian, itu kuncinya.” ucap Rexi

Kendati sederhana, Rexi menemukan banyak founder startup kurang memperhatikan hal ini dan berdampak pada strategi GTM yang gagal. Biasanya strategi GTM sebuah startup gagal karena para founderseringkali menyepelekan ngobrol dengan pelanggan potensial.

“Biasanya strategi GTM gagal karena empat alasan ini,” ucap Rexi. 

Pertama, startup gagal mengidentifikasi persona pelanggan, sehingga strategi GTM yang dirumuskan tidak menjakau persona pelanggan yang seharusnya. Kedua, disebabkan oleh terlalu cepatnya mengambil kesimpulan bahwa startup telah bertumbuh, padahal biasanya di tahap awal masih belum bisa disimpulkan sebagai pertumbuhan. Seharusnya startup tersebut menunggu sampai tingkat retention yang tinggi. 

Alasan ketiga, startup terlalu fokus membangun kerja sama dengan lembaga lain. Idealnya sebuah startup berfokus pada penjualan secara langsung kepada pelanggan potensial. Lalu pada saat tingkat retention tinggi berfokus pada proses scale-up bisnis. 

Alasan terakhir, umumnya disebabkan oleh startup yang terlalu fokus pada produk. Startup terus melakukan pengembangan produk tanpa memikirkan pasar yang sesuai dengan produk tersebut. Seringkali produk yang dikembangkan terlalu canggih tidak diperlukan oleh pasar.

Pada akhir pemaparan, peserta The Greater Hub XIV memanfaatkannya dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan venture partner dari Init-6 ini. Mereka mendiskusikan kasus masing-masing yang terjadi dalam startup.

Rexi Christopher, memaparkan materi strategi go-to-market (GTM) bertajuk ‘How to Bring a Product to Market’
Kontributor: Anggi Nurdiani, Manajemen 2024