Mahasiswa Manajemen angkatan 2024 SBM ITB, Ramel Akil Pratama, terpilih menjadi mahasiswa berprestasi Prodi Manajemen Tahun 2023. Dalam kompetisi tersebut Ramel membawa nilai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 13 yaitu tentang isu perubahan iklim.

Bagi Ramel, perubahan iklim dipicu banyak hal. Aktivitas bisnis merupakan salah satu penyebab perubahan iklim. Oleh karena itu, ia ingin menyelesaikan dampak makro dari isu tersebut dengan mengambil tindakan iklim di bisnis. “Climate action to business action,” kata Ramel.

Ramel terpilih menjadi kandidat dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kompetisi ini merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa karena kualifikasinya cukup tinggi, mulai dari prestasi akademik, non-akademik, hingga kontribusi terhadap lingkungan sekitar.

Menurut Ramel, tantangan dalam ajang mahasiswa berprestasi tersebut cukup besar. Ini adalah hal yang baru bagi Ramel. Persiapannya sangat mepet dengan beberapa tugas kuliah. Di luar itu, masih ada kesibukan akademik dan non-akademik. Namun, Ramel melihat tantangan tersebut sebagai peluang untuk menjadi lebih baik.

Salah satu pencapaian Ramel yang berkontribusi besar dalam ajang Mapres adalah ketika dirinya memenangkan HSBC Business Case Competition dan FWD SpringboardX Student Challenge. Ia juga ikut serta dalam beberapa kompetisi rencana bisnis dan kasus bisnis. Total 20 prestasi lomba yang jadi modalnya mengikuti ajang Mapres. Salah satunya, Ramel mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk bisnisnya, Tutor.in.

Dalam menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non-akademiknya, Ramel menerapkan prinsip sesuai porsi dan proporsional. Artinya, ia mengelompokkan aktivitas sesuai dengan tingkat kepentingan dan takaran waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan cara ini, ia dapat merencanakan strategi yang efektif dan sesuai untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapinya.

Ramel berpesan kepada teman-teman mahasiswa. “Temukanlah jalanmu sendiri! Karena kemerdekaan merupakan nilai yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, tidak ada keharusan untuk menjadi mahasiswa berprestasi dan tidak ada kesalahan menjadi biasa-biasa saja. Penting untuk memahami makna hidup dan tujuan hidup,” kata Ramel. “Intinya adalah merdeka dalam memilih, menetapkan tujuan sesuai porsi dan proporsional, dan menjadi diri sendiri.” 

Kontributor: Eli Sulistyowati, Manajemen 2024