Ingin memahami potensi ruang kreatif Bandung, mahasiswa Program Studi Kewirausahaan SBM ITB mengunjungi Bandung Creative Hub pada Rabu (12/7). Di sana mahasiswa mengamati dan berinteraksi dengan ruang kreatif yang menjadi kebanggaan Kota Bandung tersebut.

Dalam kunjungannya itu mahasiswa juga berusaha untuk menemukan solusi yang dapat meningkatkan minat dan bakat anak-anak muda Bandung dalam mengembangkan kreativitas mereka di berbagai bidang seni dan ekonomi kreatif.

“Kunjungan ke creative hub ini untuk mengetahui, mengamati, dan berinteraksi dengan ruang kreatif yang ada di kota Bandung. Kita dapat memberikan solusi bagaimana ruang kreatif ini lebih dilirik oleh anak-anak muda di Bandung untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang kreatif,” kata Bayuningrat, dosen mata kuliah Creative and Cultural for Entrepreneurship SBM ITB.

Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan mengamati dan berinteraksi dengan ruang kreatif yang menjadi kebanggaan Kota Bandung tersebut

Sesampainya di Bandung Creative Hub, rombongan mahasiswa disambut oleh Eka, pemandu selama kunjungan tersebut. Eka menjelaskan pengunjung Bandung Creative Hub dapat menggunakan fasilitas-fasilitasnya secara gratis.

“Namun dengan syarat harus menghubungi pihak Bandung Creative Hub terlebih dahulu sebelum memanfaatkan fasilitas yang ada,” kata Eka.

Bandung Creative Hub menawarkan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh komunitas kreatif dan warga Bandung. Beberapa di antaranya adalah ruang pameran, perpustakaan, ruang pemutaran film, studio musik, studio rekaman, serta ruangan workshop yang telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk sub-sektor animasi, fashion, dan fotografi.

Tak hanya menyediakan fasilitas kreatif, Bandung Creative Hub juga menawarkan beberapa ruang co-working space dilengkapi dengan meja dan kursi, yang dapat digunakan untuk pertemuan ataupun kegiatan perkumpulan. Bandung Creative Hub merupakan tempat yang dapat menampung segala jenis kebutuhan yang terkait dengan 17 sub-sektor ekonomi kreatif, termasuk pengembang permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film, animasi dan video, fotografi, Desain Komunikasi Visual, Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, dan Aplikasi.

Dengan kunjungan ini, diharapkan mahasiswa Kewirausahaan SBM ITB dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi kreatif di Kota Bandung serta memotivasi generasi muda untuk terus menggali potensi dan kreativitas dalam bidang-bidang seni dan ekonomi kreatif.

Kontributor: Fairuuz Fawwas Alfarizi T, Kewirausahaan 2024