Mahasiswa peserta International Virtual Course SBM ITB 2023 turut memeriahkan Festival Citarum 2023 di Desa Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, pada 12 Agustus 2023. Acara tersebut diselenggarakan oleh Bening Saguling Foundation sebagai bagian dari rangkaian International Virtual Course (IVC) 2023, yaitu summer course yang melibatkan sejumlah mahasiswa dari 10 negara untuk memahami bisnis kontemporer di Asia, di mana SBM ITB menjadi tuan rumah.

“Festival Citarum adalah acara tahunan yang diadakan oleh Bening Saguling Foundation untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan dan merawat lingkungan terutama di sekitar Sungai Citarum,” kata Pendiri dan Ketua Bening Saguling Foundation, Indra Darmawan.

Festival diisi dengan banyak kegiatan seperti klinik berbayar sampah, bazar kuliner, pameran produk unggulan dari beragam komunitas, lomba melukis bagi anak-anak, kegiatan bersih sungai, serta berbagai pertunjukan kesenian dan hiburan. Partisipasi dari seluruh peserta IVC menambah nuansa semarak dalam kegiatan festival ini.

“Jadi kami diberikan berbagai tugas, seperti membantu registrasi, bazaar makanan, menjadi petugas klinik, panitia lomba melukis, dan lain-lain,” kata Luthfi, peserta IVC asal Indonesia.

Peserta IVC yang beragam dari berbagai negara membuat masyarakat setempat menjadi penasaran dan antusias untuk mengikuti festival. Fitri, orang tua salah satu anak yang mengikuti lomba melukis, menceritakan semaraknya festival tersebut.

“Saya sangat senang dengan acara ini karena menyediakan tempat untuk anak-anak dalam melukis dan berkreatifitas. Adanya peserta IVC dari berbagai negara ini juga bikin anak-anak senang dan jadi termotivasi untuk belajar bahasa inggris,” kata Fitri.

Festival Citarum menjadi salah satu kegiatan yang paling menarik dan berkesan bagi peserta IVC dalam keseluruhan kegiatan summer course tahun ini. Periza, peserta IVC asal Kyrgyzstan, menyampaikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan ini.

“Cuaca di sini sangat nyaman dan kami telah melakukan banyak kegiatan hari ini. Bagi saya, kompetisi melukis adalah kegiatan yang paling saya sukai karena anak-anak di sini sangat berbakat. Kami juga belajar membuat kerajinan dari eceng gondok dan bermain berbagai permainan Indonesia. Ini adalah kali pertama saya di Bandung, dan saya sangat menyukainya,” kata Periza.

Program IVC ini memang dirancang untuk memperkenalkan peserta pada isu-isu sosial dan lingkungan terutama dalam hal praktik bisnis yang berkelanjutan, yang berkaitan dengan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance). Melia Famiola, dosen dan tim transformasi ESG SBM ITB menyampaikan program ini untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda global terhadap isu-isu ESG.

“Mandat ini tidak hanya berlaku bagi SBM ITB, tetapi juga merupakan panggilan global oleh UNESCO kepada sektor pendidikan untuk mengadopsi strategi pembelajaran yang mendorong sektor pendidikan menuju keberlanjutan. Summer school ini adalah langkah kecil yang diambil oleh SBM ITB menuju transformasi pendidikan yang mendukung ESG,” kata Melia.

Dengan berpartisipasi dalam Festival Citarum, peserta IVC diharapkan dapat mengembangkan rasa tanggung jawab sosial dan lingkungan yang lebih kuat, mengintegrasikan nilai-nilai ini ke dalam keahlian mereka, dan mampu mengembangkan pandangan bisnis yang baru dan berkelanjutan setelah menyelesaikan program summer school ini.

Kompetisi melukis salah satu kegiatan Citarum Festival
Kontributor: Ramel Akil Pratama, Manajemen 2024