Sebagai bukti komitmen memperkuat dan mengembangkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan wirausaha yang handal, Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan “Artha” (IMK “Artha”) SBM ITB meluncurkan program inovatif bernama Artha Sandbox 1.0 (16/9). Program ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa dalam nilai-nilai kewirausahaan dan membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk merintis dan mengelola bisnis mereka sendiri.

Program Artha Sandbox 1.0 ini diinisiasi oleh Gilbert David Kurniawan, Ketua Penyelenggara yang berperan kunci dalam membawa visi dan tujuan program ini ke depan. Menurut Gilbert, mahasiswa SBM ITB memiliki potensi besar di bidang kewirausahaan, tetapi mereka membutuhkan pelatihan mendalam serta pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek bisnis.

Saat ini, mahasiswa tidak hanya diharapkan memiliki gagasan bisnis yang cerdas, melainkan juga mampu mengomunikasikan ide-ide tersebut secara efektif, terutama ketika mereka harus melakukan pitching kepada investor atau mengikuti kompetisi bisnis. Pitching Essentials menjadi fokus utama dalam Artha Sandbox 1.0. Pitching merupakan salah satu aspek penting dalam dunia kewirausahaan.

“Mahasiswa harus siap ketika nantinya mereka akan melakukan pitching, baik itu untuk mengikuti lomba bisnis maupun saat mencari investor untuk mendukung bisnis mereka. Sebuah pitch yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam menarik perhatian investor dan membuka peluang sukses bisnis,” ujar Gilbert.

Dalam Artha Sandbox 1.0, materi yang diberikan adalah tentang pitch deck, yang diajarkan oleh Zartikazahra Nurulfiqri, seorang praktisi bisnis berpengalaman dan juga business mentor di SBM ITB. Pitch Deck adalah presentasi singkat yang digunakan untuk memperkenalkan bisnis atau proyek kepada investor potensial. Setiap slide dalam pitch deck memiliki peran penting dalam membentuk presentasi bisnis yang efektif, mulai dari cover slide, slide problem statement, slide solution, market opportunity slide, business model slide, traction slide, market strategy slide, competitive analysis slide, team slide, financial projection slide, use of funds slide, hingga milestones dan timeline slide.

Keseluruhan pitch deck harus dirancang dengan cermat dan efektif untuk menarik perhatian audiens dan mendapatkan dukungan yang diperlukan. Dalam Artha Sandbox 1.0, mahasiswa diajarkan cara menyusun setiap slide ini secara sistematis sehingga mereka dapat mengomunikasikan visi bisnis mereka dengan baik kepada calon investor atau pihak-pihak yang berpotensi mendukung bisnis mereka.

Program ini menegaskan komitmen SBM ITB dalam mencetak wirausaha-wirausaha muda yang siap berkontribusi dalam dunia bisnis dan menghadirkan inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Artha Sandbox 1.0 menjadi langkah awal yang menjanjikan dalam mencetak wirausaha-wirausaha muda Indonesia yang berkualitas.

IMK “Artha SBM ITB luncurkan Artha Sandbox 1.0
Kontributor: Fairuuz Fawwas Alfarizi T, Kewirausahaan 2024