Kemampuan untuk mengoptimalkan dan memahami rantai pasokan menjadi kunci kesuksesan dalam bisnis di era globalisasi. Penerapan aspek teknologi juga menjadi salah satu faktor pendorong proses rantai pasok yang optimal. Optimalisasi rantai pasok tersebut jadi materi utama kuliah tamu Supply Chain Design di Sekolah Bisnis Manajemen ITB pada Senin (23/10) yang diisi oleh Dr. Berty Argiyantari, CEO MOSTRANS sekaligus Wakil Direktur Rantai Pasokan Global PT Kalbe Farma Tbk, perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

Kalbe memiliki proses rantai pasokan yang sangat kompleks. Banyak divisi di dalamnya untuk mendukung kegiatan rantai pasok. Kompleksitas yang tinggi mendorong Kalbe untuk berkolaborasi dengan banyak pihak luar. Salah satunya adalah PT Enseval, sebuah perusahaan jasa distribusi dan logistik yang terintegrasi.

Rantai pasok PT Kalbe Farma merupakan landasan penting yang mencakup beberapa tahap kunci mulai dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk jadi. Mereka secara ketat memilih bahan baku berkualitas tinggi, bekerjasama dengan pemasok yang terverifikasi untuk memastikan keandalan pasokan.

Proses produksi mereka, yang berlangsung dengan teliti, mengikuti regulasi ketat dalam pembuatan produk kesehatan, dan didukung oleh fasilitas pabrik yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir guna memastikan kualitas produk. Kontrol kualitas yang sangat ketat menjadi landasan penting, yang diwujudkan melalui laboratorium khusus dan tim ahli yang menguji produk mereka secara menyeluruh, memastikan keamanan dan kualitasnya.

Setelah produk siap, langkah penyimpanan dan distribusi dilakukan secara hati-hati. Kalbe menyasar berbagai pasar, seperti apotek dan toko kesehatan di seluruh Indonesia, berkat jaringan distribusi yang luas dan terintegrasi milik PT Kalbe Farma.

Bahkan setelah produk mencapai konsumen, PT Kalbe Farma tetap melakukan pemantauan agar produk tetap aman dan efektif, memperhatikan juga umpan balik konsumen untuk terus meningkatkan kualitas produk mereka. Terus menerus mencari inovasi baru dalam pengembangan produk kesehatan, PT Kalbe Farma menunjukkan komitmennya tidak hanya terhadap penyediaan produk yang ada, tapi juga terhadap inovasi yang relevan dan kompetitif di industri yang senantiasa berubah.

PT Kalbe Farma berupaya untuk terus meningkatkan proses pasokan agar produk-produk yang dihasilkan dapat memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan dan kesejahteraan konsumen. PT Kalbe Farma menjadi contoh nyata tentang bagaimana inovasi dan kualitas bergabung dalam rantai pasokan untuk memberikan produk kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

Kontributor: Luthfaliya Zahira, Manajemen 2025