Ikatan Mahasiswa Kewirausahaan “Artha”SBM ITB (IMK “Artha” ITB) menggelar Artha Sandbox – Ideology Artha untuk membekali mahasiswa jurusan Kewirausahaan SBM ITB softskill kewirausahaan secara langsung. Kegiatan berlangsung lewat  coaching  bersama mentor. Acara juga membuka peluang kolaborasi bersama jurusan-jurusan lain yang ada di ITB yaitu Kewirausahaan SBM ITB, Desain Komunikasi Visual FSRD ITB, dan Informatika STEI ITB. 

Kolaborasi tiga jurusan ini diharapankan dapat memenuhi tiga role startup yaitu hacker, hipster, dan hustler. Objektif kegiatan kali ini adalah submit ide bisnis yang telah dibuat oleh team startup dari masing masing peserta.

Acara ini berlangsung dalam lima tahap. Tahap pertama yaitu Bootcamp I yang berlangsung pada 26 Agustus 2023 di CRCS Ganesha. Pada bootcamp ini para peserta akan berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan wawasan baru dalam dunia teknologi dan inovasi serta mendapatkan pembekalan materi seputar Startup Landscape and Industry Analysis. 

Bootcamp II berlangsung pada 3 September 2023 di Jatinangor. Ini merupakan acara pembekalan materi-materi seputar startup, Design Sprint dalam bisnis, dan lain – lain. Berikutnya adalah coaching yang akan berlangsung pada 4-6 September 2023. Coaching ini dilakukan secara daring bersama para mentor mentor yang kompeten dibidangnya. Lewat coaching ini peserta bisa berkonsultasi bersama mentor terkait ide bisnis dan kendala yang dialami selama Artha Sandbox – Ideology.

Berikutnya adalah online pitching atau presentation yang berlangsung pada 7-8 September 2023. Pada tahap ini para peserta akan mempresentasikan ide bisnis yang telah dibuat selama periode bootcamp dan coaching. Di tahap ini pula para peserta akan mendapatkan input terkait ide ide bisnisnya dari para juri yang kompeten di bidangnya masing masing. 

Terakhir, menyerahkan ide akhir ke ADA Business Messaging Hackathon 2023 Competition. Di tahap akhir ini para peserta akan mengumpulkan ide-ide bisnis yang telah dibuat ke ADA Business Messaging Hackathon 2023 Competition. Kegiatan ini bekerjasama bersama dengan WhatsApp, memperebutkan hadiah pertama sebesar USD 10 ribu, hadiah kedua USD 7.500, dan hadiah ketiga USD 5.000.

Kegiatan yang diharapkan dapat memberikan mahasiswa SBM ITB, STEI ITB, dan FSRD ITB sebuah platform atau tempat untuk mengeksplorasi berbagai ide, kolaborasi, dan peluang yang tidak hanya terfokus hanya di jurusan atau fakultasnya saja. Agar mereka bisa mengkolaborasikan ide-ide luar biasanya didalam Artha Sandbox – Idealogy. 

Kontributor: Muhamad Fajrin M, Manajemen 2024