Keberhasilan bisnis saat ini terletak pada pemahaman terhadap kebutuhan dan preferensi pelanggan. Hal ini mencakup penyediaan produk atau layanan yang dipersonalisasi, komunikasi yang terbuka, pengiriman yang cepat dan dapat diandalkan, serta produk berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Demikianlah tantangan industri yang dihadapi saat ini menuru Berty Argiyantari, CEO Mostrans (Kalbe Group), saat mengisi kuliah tamu di SBM ITB, Bandung (18/11).

Menurut Berty, transformasi digital menjadi fokus utama Mostrans dalam menghadapi perubahan ini, terutama dalam permintaan pelanggan, persaingan, data, dan inovasi. Di tengah tantangan logistik kesehatan di Indonesia yang kompleks, Mostrans hadir sebagai solusi logistik digital business-to-business untuk industri kesehatan. Mostrans didirikan pada 2022 untuk membangun ekosistem yang didukung secara digital guna meningkatkan ketahanan rantai pasok yang tinggi.

Mostrans, menurut Berty, yang berfokus pada logistik pengantaran dan penyimpanan, tidak hanya bermitra dengan Kalbe Group tetapi juga bercita-cita menjadi integrator yang dapat bekerja sama dengan distributor lainnya. Dalam lingkungan logistik modern, visibilitas, berbagi informasi, dan data memegang peran penting dalam mengoptimalkan rantai pasok. 

Mostrans memberikan dashboard terpadu untuk memberikan informasi secara transparan kepada pengirim. Data analitik memungkinkan pengambilan keputusan berbasis data, identifikasi pola berdasarkan data historis, prediksi masa depan, berbagi wawasan untuk strategi bisnis yang lebih baik, dan memberikan solusi untuk perbaikan berkelanjutan.

Menurut Berty, dalam era digitalisasi, idealnya proses bisnis sebaiknya berada di antara pemahaman yang jelas dan otomatisasi. Transformasi digital adalah perjalanan yang memerlukan inovasi terus-menerus dan model bisnis baru. Tantangan dalam perjalanan transformasi digital meliputi kurangnya strategi yang jelas, perubahan mindset, keterbatasan waktu dan sumber daya, dan keamanan siber. Untuk mengatasi tantangan ini, organisasi perlu memiliki strategi dan rencana yang jelas untuk menerapkan inovasi transformasi digital.

Kontributor: Batari Citra, MBA ENTRE 2023