Dua tim mahasiswa SBM ITB meraih juara 1 dan 3 pada ajang “Business Plan Competition UI talks 3.0 2023” yang digelar oleh Center for Entrepreneurship Development and Studies, University of Indonesia (CEDS UI). Penghargaan digelar di Aula lantai 10 Gedung Dibaleka Pemkot Depok pada Sabtu (18/11).

Tim LobsTech yang beranggotakan Pieter Jose Santoso, Gloria Galore Sinaga, dan Drago Grafany Cuangga berhasil meraih juara 1. Tim ini mengusung ide bisnis berupa teknologi yang memanfaatkan limbah daun ketapang dan cangkang telur untuk meningkatkan kualitas air tambak lobster.

“Kami melihat bahwa banyak limbah daun ketapang yang hanya digunakan untuk cupang saja, sedangkan survival rate lobster di tambak hanya sekitar 0,5%,” ujar Pieter. “Dengan Lobstech, kami ingin memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan daun ketapang dan tepung cangkang telur untuk mengatur pH dan IoT untuk mendeteksi dan stabilisasi kualitas air di tambak dan dengan solusi tersebut survival rate lobster meningkat hingga menjadi 80%.” 

Sementara itu, tim Mengasihi yang beranggotakan Zakaria Khoiri Hermawan, Desya Zalfa, Muhammad Razan, dan Adi Mahendra Wibowo berhasil meraih juara 3. Tim ini mengusung ide bisnis berupa jasa pembubukkan ASI untuk penggunaan personal tanpa mengurangi nilai nutrisi ASI.

“Kami ingin membantu para ibu menyusui yang kesulitan untuk menyimpan ASI,” ujar Desya. “(Agar) ibu menyusui dapat menyimpan ASI mereka dalam waktu yang lebih lama tanpa mengurangi nilai nutrisinya.”

Keberhasilan kedua tim mahasiswa SBM ITB ini merupakan bukti bahwa mahasiswa SBM ITB memiliki kemampuan dan potensi yang besar dalam bidang kewirausahaan. Dua tim mahasiswa SBM ITB membagikan sejumlah tip bagi mahasiswa yang ingin menang dalam lomba business plan atau lomba serupa. 

Diantaranya, pastikan produk yang Anda tawarkan sesuai dengan tema lomba. Lalu bangun tim yang solid dan berpengalaman di bidangnya masing-masing. Buat pitch deck yang menarik dan informatif. Dan, lakukan analisis yang tepat terhadap bisnis Anda. Semoga keberhasilan kedua tim mahasiswa SBM ITB ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan mengembangkan potensinya di bidang kewirausahaan. 

Kontributor: Fairuuz Fawwas Alfarizi T, Kewirausahaan 2024