Computer Festival (Compfest) Universitas Indonesia 2023 

menjadi panggung keberhasilan bagi tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Tim Maya berhasil meraih juara dua pada kategori The Victorious Figures of Bizzit atau Business-IT Case Competition (Bizzit) dengan mengusung solusi Connected IoT Mirror. Compfest adalah event tahunan yang diadakan secara nasional oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, yang tahun ini diadakan pada 19 November 2023. 

Tim ini terdiri dari tiga mahasiswa fakultas yang berbeda. Mereka adalah Saskia Deffa Fabriend (Manajemen 24), Clara Alrosa Fernanda Sinaga (Sistem & Teknologi Informasi 21), dan Priscilla Auleader Napitupulu (Sistem & Teknologi Informasi 21). Kolaborasi antara keahlian bisnis dan teknologi informasi dalam satu tim menjadi kunci keberhasilan mereka. 

“Kami mengikuti kategori Bizzit karena kami merasa bahwa kategori ini mengharuskan tim untuk membuat solusi yang tidak hanya berfokus pada teknologi, tetapi juga ada pada segi bisnisnya. Hal ini sesuai dengan keahlian masing-masing anggota tim kami,” ujar Saskia (27/11).  

Pada babak final, mereka berhasil menyelesaikan tantangan dengan waktu pengerjaan delapan jam. Tantangan ini mengharuskan tim untuk membuat suatu solusi terhadap permasalahan dengan pendekatan berbasis teknologi informasi (IT). Tim Maya mengusung ide sebuah teknologi Connected IoT Mirror yang akan difokuskan pada tiga aspek utama yaitu perusahaan, pelanggan (customer), dan masa depan.

Clara bertanggung jawab pada aspek riset dan latar belakang, fokus membaca jurnal dan mengidentifikasi permasalahan yang muncul. Priscilla memfokuskan perhatiannya pada pengembangan produk, merancang solusi yang dapat diimplementasikan, termasuk formulasi strategi solusi. Terakhir, peran Saskia berkaitan dengan aspek bisnis seperti strategi pemasaran, analisis bisnis, proyeksi keuangan, dan bahkan pembuatan prototipe.

“Kami juga selalu berdiskusi untuk menyelaraskan pemahaman dan merumuskan solusi secara bersama-sama dan juga memastikan bahwa solusi yang kami buat dapat menjawab permasalahan yang ada,” kata Clara.

Clara mengatakan bahwa penting untuk terus belajar dan mengembangkan diri, bahkan setelah menemukan tim yang cocok. Lewat eksplorasi tim, ia bisa belajar banyak hal, baik itu kekurangan dan kelebihan diri sendiri, maupun kekurangan dan kelebihan tim.

Kontributor: Mutiara Humaira Lestari, Manajemen 2024