Perusahaan rintisan milik mahasiswa SBM ITB, Pet & Co, berhasil menjadi The Most Marketable Startup dalam ajang Bandung Startup Pitching Day (BSPD) di Kampus MBA SBM ITB Jakarta (7/12). Acara ini merupakan kolaborasi antara unit inkubasi The Greater HUB SBM ITB dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, sebagai seri perdana BSPD Jakarta yang diikuti oleh 15 startup dari berbagai darah.

Direktur The Greater Hub Dina Dellyana, mengatakan BSPD Day merupakan kegiatan untuk memfasilitasi para pendiri startup dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka mempresentasikan bisnis di depan para investor dari beragam modal ventura. Bagi yang berhasil menjadi pemenang nominasi, berpeluang untuk mendapatkan kredit dari AWS, GCP, ID Cloudhost, dan Qwords senilai US$ 68,000 serta kesempatan mendapatkan inkubasi selama 3 bulan dari BLOCK71. 

Pet & Co sendiri digagas oleh empat mahasiswa SBM ITB angkatan 2024 program kewirausahaan. Mereka adalah Andreas Emmanuel Averill, Muhamad Fajrin Mubarok, Maharani Mulyseva, dan Meidina Puteri Aginsa. Startup ini bergerak dalam penyediaan kebutuhan pangan sehat dan efisien bagi hewan peliharaan. Terpilihnya startup ini dalam kategori usaha yang paling bisa dikomersialisasi tidak lepas dari usaha mereka selama satu tahun sejak bisnis ini diinisiasi.

“Kami merasa tertantang untuk mengikuti ajang ini dan merasa perjuangan kami terbayarkan dengan berhasil meraih award The Most Marketable Startup. Hasil ini akan kami jadikan dorongan untuk berkembang lebih jauh lagi,” kata Fajrin. 

Selain Pet & Co, tiga startup lainnya juga mendapatkan penghargaan. Mereka adalah Econella untuk The Most Impactful Startup, Nalar untuk The Most Innovative Startup, dan Peluang.Co untuk The Best Pitch.

Bandung Startup Pitching Day menjadi bukti komitmen SBM ITB dalam memupuk inovasi dan mengembangkan ekosistem bisnis yang selaras dengan industri di Indonesia. Inisiatif yang diselenggarakan secara rutin ini telah dilaksanakan melalui inkubator bisnis SBM ITB, The Greater Hub, sebagai bentuk dedikasi institusi untuk mendorong ekosistem dan inovasi kewirausahaan di Indonesia.

Kontributor: Ramel Akil Pratama, Manajemen 2024