Pendanaan merupakan satu bagian yang rumit dalam kewirausahaan startup. Untuk itu E-Club menggelar Venture Velocity Vista, yang bertujuan untuk menjelaskan seluk-beluk pendanaan modal ventura di kewirausahaan startup di Jakarta, Sabtu (9/12). Seminar ini menghadirkan Ahmad Luthfi, Managing Director TalentHub, dan Clarissa Alvina Gunawan, Value Creation Manager AlphaJWC.

Ahmad Luthfi memaparkan materi bertajuk “Menjembatani Kesenjangan, Mengenal Momentum”. TalentHub merupakan platform yang diciptakan sebagai respons terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 pada tahun 2020. 

Menyadari meningkatnya angka pengangguran dan peralihan ke pekerjaan jarak jauh, TalentHub hadir sebagai solusi untuk menjembatani kesenjangan produktivitas di berbagai sektor. Ahmad menyoroti pentingnya Pembangunan Karakter sebagai aspek penting dalam pengembangan talenta, dan menekankan dampaknya yang luas terhadap startup dan perusahaan besar. Dia menganjurkan peserta seminar untuk bersiap menghadapi solusi berbasis teknologi, memperhatikan ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola), dan mengantisipasi tantangan yang ditimbulkan oleh kesenjangan keterampilan.

Menurut Clarissa Alvina, AlphaJWC merupakan perusahaan modal ventura terkemuka di Asia Tenggara. AlphaJWC, dipimpin oleh General Partners dengan rekam jejak yang kuat, mengelola aset yang dikelola senilai USD 650 juta, memiliki 70+ portofolio aktif, 4 unicorn, dan 9 exit yang sukses di berbagai sektor. Clarissa menjelaskan cara kerja modal ventura. 

E-club MBA Jakarta team