Menjadi seorang entrepreneur tidak semudah yang digambarkan dalam drama Korea. Salah satu hambatan terbesar bagi mahasiswa entrepreneur untuk berbisnis adalah mendapatkan modal yang cukup besar untuk mendanai bisnisnya. 

Artha Sandbox 3.0 terbaru pada Jumat, 23 Februari 2024, di Eititu Cafe ITB, mencoba menjawab permasalahan itu. Mengusung tema “Pengembangan Keterampilan Menulis Proposal Bisnis yang Menarik”, Artha Sandbox 3.0 menghadirkan Aisyah Adlina Ghassani, Co-Founder & CEO Eatzy, yang berbagi wawasan dan tips membuat proposal bisnis yang efektif kepada lebih dari 20 mahasiswa Program Studi Kewirausahaan SBM ITB.  

Menurut Aisyah, salah satu aspek penting dalam dunia usaha adalah perencanaan bisnis, yang terbukti dapat mempercepat pertumbuhan bisnis hingga 30%, dan menjadi bagian penting dalam proses penggalangan dana. Mahasiswa dapat memulai perjalanan wirausaha mereka dengan mengikuti berbagai kompetisi, seperti kompetisi business plan, kompetisi startup, existing business competition, innovation with case-business competition, dan innovation challange.

Berpartisipasi dalam acara-acara ini menurut Aisyah, tidak hanya memberikan pengalaman tetapi juga membantu mahasiswa untuk menyempurnakan ide bisnis mereka dan mendapatkan feedback yang berharga. Namun, sekadar berpartisipasi saja tidak cukup. Para entrepreneur harus menonjol dari pesaing lainnya.

Salah satu tips penting yang dibagikan oleh Aisyah adalah memastikan slide presentasi proposal bisnis Anda menarik perhatian. Untuk mencapai hal tersebut, para entrepreneur didorong untuk membuat framework sendiri untuk proposal bisnis mereka. Ini melibatkan pengembangan struktur unik yang secara efektif mengkomunikasikan ide bisnis, tujuan, dan potensi bisnis. Dengan memiliki kerangka kerja yang khas, entrepreneur dapat menarik perhatian investor dan juri, sehingga membuat proposal mereka menonjol dari proposal lainnya.

Elemen penting lainnya, kata Aisyah, menciptakan storyline yang menarik di dalam proposal. Alih-alih hanya menyajikan rangkaian fakta dan angka, entrepreneur harus merangkai narasi yang menarik dan memikat pendengar. Alur cerita yang menarik membantu menyampaikan semangat dan visi di balik bisnis, membuatnya lebih mudah diingat dan berdampak.

Kesimpulannya, perjalanan untuk menjadi entrepreneur yang sukses penuh tantangan, terutama bagi mahasiswa entrepreneur yang sering menghadapi keterbatasan finansial. Dengan mengikuti tips yang dibagikan oleh entrepreneur berpengalaman seperti Aisyah Adlina Ghassani, mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan mereka, menonjol dalam kompetisi, dan pada akhirnya, mengamankan pendanaan yang diperlukan untuk usaha mereka.

Kontributor: Putri Dzakiyah, Kewirausahaan 2025