Dalam bisnis modern yang dipenuhi dengan persaingan sengit, perusahaan berlomba-lomba untuk menonjol melalui keunikan dan nilai yang berbeda. Yanuar Rahmanto, Kahf Brand Building Executive, menguraikan kunci berpikir inovatif dalam era digitalisasi dan globalisasi saat mengisi seminar Kahf Goes Forward to ITB dengan tema “Beyond Business: Driving Innovation & Market Expansion” pada Sabtu (24/04). 

Membahas tentang pentingnya pembelajaran berkelanjutan dan peningkatan kualitas, Yanuar menekankan kebutuhan untuk beradaptasi dengan keinginan pasar guna menjadikan produk tidak hanya menarik, tapi juga memenuhi harapan pelanggan.

Memberikan contoh kasus nyata, Kahf, kata Yanuar, hadir sebagai satu-satunya brand yang menerapkan nilai halal dan baik yang selalu berusaha untuk mengisi kekosongan diantara skin express dan FMCG dengan membawa segala hal terbaik dari natural ingredients dan teknologi terkini.

“Kahf menyajikan bentuk produk yang sangat simpel, dengan warna yang itu-itu saja. Akan tetapi, jika dilihat lagi, tampilan produk inilah yang membuat Kahf berbeda dan menonjol dibanding produk-produk brand lain,” ucap Yanuar.

Dalam konteks pasar yang terus berkembang, Yanuar juga membahas pentingnya memperluas cakupan bisnis. Menurutnya, kunci dari ekspansi pasar adalah berani memasuki kategori baru dan segmentasi yang strategis.

Mengakhiri talkshow, Yanuar menantang audiens untuk tidak hanya berinovasi, tetapi juga berani mengambil risiko. 

“Kalau takut, harus belajar berani. Kalau sudah berani, jangan takut-takut.”

KontributorL Hansen Marciano, Management 2025