Selalu berada di garis terdepan,” itulah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan seberapa kompetitifnya mahasiswa SBM ITB. Baru-baru ini, Eli Sulistyowati,seorang mahasiswa Manajemen dari angkatan 2024, terpilih sebagai Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat ITB dalam ajang Pilmapres ITB tahun 2024. Mahasiswi kelahiran 2003 asal Kebumen itu berhasil mengungguli perwakilan mahasiswa berprestasi dari tiap Fakultas/Sekolah di ITB.

Bagi Eli, prestasi ini adalah bukti komitmennya terhadap studinya dan buah dari keaktifannya mengikuti berbagai kegiatan. Mulai dari kompetisi, organisasi, hingga membangun bisnis sendiri. 

Eli menceritakan bahwa pencapaiannya sebagai Mahasiswa Berprestasi ITB tahun 2024 bukanlah hasil dari proses instan, melainkan akumulasi dari setiap aktivitas yang dilakukannya sejak awal menjadi mahasiswa ITB. Belajar lebih banyak adalah motivasi Eli mengikuti Pilmapres ITB 2024. 

“Untuk belajar lebih banyak dan untuk membuktikan diri adalah alasan saya mengikuti kegiatan ini,” kata Presiden Progressio Consulting Club ini, pada Jumat (29/3). 

Pilmapres merupakan ajang bergengsi yang mempertimbangkan berbagai aspek prestasi mahasiswa, baik akademik maupun non-akademik, serta kontribusinya terhadap lingkungan sekitar. Pada ajang ini, perwakilan dari tiap Fakultas/Sekolah di ITB diminta untuk menyampaikan gagasan kreatif terkait penyelesaian masalah sosial atau lingkungan di masyarakat. 

Voicable, adalah judul gagasan kreatif yang membuat Eli terpilih sebagai juara setelah berhasil meyakinkan juri dalam babak final Pilmapres ITB yang diselenggarakan pada 23 Maret lalu. Eli menjelaskan bahwa Voicable adalah aplikasi yang dirancang khusus sebagai solusi untuk menangani masalah bullying di Kota Bandung, terutama bagi remaja rentan seperti kaum difabel. Eli menjelaskan bahwa melalui aplikasi ini, korban perundungan dapat melaporkan insiden dan mencari pertolongan untuk mendapatkan intervensi yang tepat.

Salah satu pencapaian besar Eli yang menjadi modal besarnya dalam ajang Pilmapres adalah keterlibatannya dalam membangun komunitas peduli perundungan di Kota Bandung melalui gerakan Bersuara Project. Sejak tahun 2023, Eli, dengan bimbingan langsung dari World Research Institute (WRI), telah melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan perundungan di Bandung melalui kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung, Forum OSIS SMA se-Kota Bandung, mahasiswa dari berbagai universitas, dan lain-lain. 

Selain menjadi ketua dalam organisasi ini, Eli juga turut serta dalam beberapa kompetisi rencana bisnis dan studi kasus bisnis. Total telah lebih dari 30 prestasi kompetisi yang menjadi modalnya untuk berpartisipasi dalam Pilmapres ITB 2024.

Dari bulan April hingga Juli nanti, Eli akan menjadi perwakilan ITB dalam proses seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat regional hingga nasional. Eli menjelaskan bahwa dalam mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya, ia selalu mendapatkan bimbingan dari Direktorat Kemahasiswaan ITB dan tentunya dari tim kampanye Pilmapres SBM ITB.

Prestasi luar biasa dari mahasiswi manajemen ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa lainnya, terutama di lingkungan SBM ITB. Pesan Eli kepada rekan-rekan mahasiswa adalah sederhana. 

“Jangan takut untuk mencoba! Menjadi mahasiswa adalah sebuah keistimewaan untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan positif. Jangan takut gagal dan jangan terlalu cepat puas. Tips-nya adalah selalu bersedia belajar, menjelajahi, dan membuat rencana yang tepat selama masa kuliah,” kata Eli. 

Kontributor: Ramel Akil Pratama, Manajemen 2024